Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Cara Daftar Edabu BPJS Kesehatan

2 min read

Cara Daftar Edabu BPJS Kesehatan
Advertisements

Cara Daftar Edabu BPJS Kesehatan – Saat ini, negara kita sudah memiliki salah satu sistem atau program jaminan kesehatan dan sosial yang sudah mencakup hampir seluruh masyarakat di Indonesia. Diantaranya adalah BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Ketika kalian yang sudah bergabung menjadi peserta diantara kedua program tersebut pastinya ingin memeriksa segala hal yang bersangkutan dengan BPJS. Tidak perlu repot untuk mendatangi kantor BPJS setempat, hanya saja kalian cukup melihat dari aplikasi luncuran dari Pihak BPJS.

Aplikasi praktis yang bisa kalian download di app store ataupun play store. BPJS meluncurkan sebuah aplikasi bernama Edabu, untuk memudahkan akses peserta untuk mengetahui segalanya mengenai program BPJS.

Advertisements

Edabu atau Elektronik Data Badan Usaha, sebuah sistem aplikasi yang dibuat khusus untuk badan usaha. Fungsi utama dari apikasi tersebut yaitu untuk memasukan data karyawan yang sudah atau belum terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Cara Daftar Edabu BPJS Kesehatan

Proses untuk memasukan data calon peserta juga bisa dibilang sangat mudah dan sudah digunakan oleh seluruh badan perusahaan yang ada di Indonesia sejak tahun 2015 lalu. Dengan adanya sistem ini, pemerintah berharap agar setiap instantsi di Indonesia tidak ada lagi yang menjauh dari program BPJS Kesehatan.

Karena, kebanyakan orang tidak mau mengakses BPJS itu dengan alasan terlalu ribet dalam proses yang diberikan. Nah, jika diantara kalian masih ada yang belum begitu paham dengan sistem dan cara penggunaannya, maka kalian bisa simak baik-baik ulasan berikut ini.

Baca  Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Pengertian Edabu BPJS Kesehatan

Pengertian Edabu

E-dabu BPJS Kesehatan adalah kependekan dari Elektronik Data Badan Usaha. Sistem yang memberikan kesempatan untuk perusahaan ataupun badan usaha yang telah memiliki karyawan dalam jumlah banyak. Sehingga, pihak perusahaan dapat dengan mudah dalam memasukan data para karyawannya.

Cara Daftar BPJS Kesehatan Melalui Edabu

Cara Daftar BPJS Kesehatan Melalui Edabu

Setelah kalian mengetahui pengertian aplikasi E-dabu, tidak lengkap rasanya jika kalian tidak tahu cara menggunakannya. Apalagi untuk kalian yang ingin mengakses ataupun mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Kesehatan. Dibawah ini adalah cara pengggunaan aplikasi E-dabu :

1. Mengisi Informasi Data Diri

Cara pertama yang dapat kalian lakukan adalah dengan mengisi informasi data diri. Dokumen yang dibutuhkan untuk melakukan proses tersebut yaitu berupa fotocopy KTP dan KK. Kalian bisa membuat informasi data diri selengkapnya menggunakan M.Excel.

2. Memilih Data Calon Anggota

Untuk memilih data calon anggota, kalian bisa klik “data peserta”. Di sini kalian dapat menambah peserta dan mengoreksi data mereka, jika terjadi kesalahan. Siapkan KTP pula, karena kalian akan membutuhkan NIK KTP dan BPJS.

3. Memilih Fasilitas Kesehatan

Kalian bisa pilih fasilitas kesehatan yang sesuai dengan domisili peserta BPJS. Pastikan dengan jarak yang tidak terlalu jauh, karena hal tersebut akan sedikit merepotkan peserta.

4. Masukan Informasi Unit Kerja

Jika kalian sudah selesai dalam memilih fasilitas kesehatan, pastikan kalian mengisi informasi unit kerja dengan lengkap. Klik “simpan” untuk menyimpan informasi. Namun, jika kalian akan menambahkan informasi, kalian klik “tambah keluarga”.

5. Persetujuan

Cara menggunakan aplikasi E-dabu BPJS Kesehatan selanjutnya adalah memasuki proses persetujuan. Setelah kalian mengisi data diri yang sesuai dengan KTP atau KK, kalian pilih approval peserta dan jenis mutasi pendaftaran terbaru.

Baca  Biaya Pasang Gigi Palsu BPJS

Lakukanlah cetak kotak pada nomor dan memilih “cek dan approval”. Nah, jika sudah sampai disini berarti kalian sudah melakukan pendaftaran peserta, melalui aplikasi Edabu BPJS.

6. Cek Kembali Data Diri

Sebelum kalian menutup aplikasi karena pendaftaran sudah diselesaikan, tidak ada salahnya jika kalian memeriksa kembali data diri yang telah kalian masukan tadi.

Untuk melihat informasi yang kalian butuhkan, klik “data peserta” dan pilihkah mutasi peserta. Masukan nama peserta lalu kalian pilih “cari”, kemudian, informasi yang kalian butuhkan akan muncul di layar telepon kalian.

Itulah beberapa cara yang bisa kalian gunakan pada saat ingin mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS melalui aplikai E-dabu. Semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu kalian dalam mengetahui informasi terkini seputar BPJS Kesehatan.

FAQ

Register E-dabu Itu Apa?

Register E-dabu adalah istilah lain dari cara daftar E-dabu.

Apa Keunggulan Aplikasi E-dabu?

Dapat memudahkan proses kepesertaan BPJS Kesehatan. Karena, pelayanan yang diberikan bisa dilakukan sepenuhnya secara online.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat pakaibpjs.com sampaikan mengenai cara daftar E-dabu BPJS Kesehatan. Agar dapat memudahkan peserta untuk melakukan registrasi ataupun mengetahui informasi terbaru dari BPJS Kesehatan lainnya dengan mudah. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *