Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Cara Merubah No Rekening Bank di BPJS Ketenagakerjaan

1 min read

Cara Merubah No Rekening Bank di BPJS Ketenagakerjaan
Advertisements

Cara Merubah No Rekening Bank di BPJS Ketenagakerjaan – Program BPJS memang ditujukan untuk seluruh masyarakat Indonesia dengan layanan jaminan kesehatan. Ketika sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan salah satu syaratnya adalah memiliki nomor rekening Bank.

Namun karena beberapa penyebab sebagian peserta harus melakukan cara merubah no rekening Bank di BPJS Ketenagakerjaan. Fasilitas perubahan data diberikan mulai dari SIPP Online sampai dengan EPS BPJS KETENAGAKERJAAN untuk memudahkan dalam mengganti rekening bank.

Penyebab mengapa harus mendaftarkan no rekening baru di BPJS Ketenagakerjaan adalah misalnya nasabah diblokir, ganti Bank ataupun mengikuti kebijakan perusahaan. Pada dasarnya cara mendaftarkan no rekening di BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan oleh HRD perusahaan bersangkutan.

Advertisements

Ketika no rekening Bank sudah dirubah maka pembayaran iuran maupun bantuan akan langsung menggunakan rekening yang baru. Lebih jelasnya untuk cara mendaftarkan no rekening di BPJS Ketenagakerjaan simak ulasan dari Pakaibpjs.com berikut.

Rekening Bank untuk BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan menjalin kerjasama dengan berbagai Bank di Indonesia sehingga kalian bebas memilih ingin menggunakan rekening yang mana. Pada umumnya rekening bank untuk BPJS Ketenagakerjaan yang sering digunakan adalah BRI, BNI, Mandiri, BCA, BTN, Bukopin, BJB, Bank Jateng serta masih banyak lainnya.

Ketika terjadi perpindahan tempat kerja maka penting merubah no rekening karena untuk menjaga status peserta supaya tetap aktif. Jangan sampai status BPJS Ketenagakerjaan berubah menjadi mandiri karena tidak mendapatkan hak bantuan dari perusahaan.

Cara Merubah No Rekening Bank di BPJS Ketenagakerjaan

Cara paling mudah merubah no rekening Bank di BPJS Ketenagakerjaan adalah menggunakan fasilitas SIPP online. Didalamnya sudah terdapat pengaturan untuk mutasi data mencakup tambah tenaga kerja, perhitungan iuran sampai merubah no rekening seperti berikut.

Baca  Cara Klaim JHT di Jamsostek Mobile

1. Masuk ke situs sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id kemudian ketikkan email dan password.

Merubah No Rekening Bank di BPJS Ketenagakerjaan

2. Lanjutkan dengan menekan tombol SIGN IN untuk masuk kedalamnya.

cara merubah data BPJS Ketenagakerjaan via online

3. Tampil opsi perusahaan binaan, tekan menu dropdown untuk memilih salah satu perusahaan terdaftar. Tekan OK

sipp online
Advertisements

4. Tunggu sebentar sampai proses masuk berhasil dilakukan.

login sipp

5. Tampil menu utama SIPP online BPJS Ketenagakerjaan, kalian bisa melihat informasi manajemen karyawan secara lengkap.

cara mengisi no rekening

6. Untuk cara merubah no rekening Bank di BPJS Ketenagakerjaan silahkan scroll kearah bawah sampai menjumpai informasi karyawan. Ketikkan nama pada kolom pencarian dan tekan Search.

No Rekening Bank di BPJS Ketenagakerjaan

7. Berikutnya setelah menemukan nama peserta untuk merubah no rekening Bank silahkan tekan ikon edit. Muncul tab baru kemudian tekan Edit Profil.

8. Muncul menu input data karyawan, lanjutkan memilih Nama Bank kemudian ketikkan nama rekening sesuai data asli peserta di BPJS Ketenagakerjaan. lanjutkan mengetikkan nomor rekening secara lengkap.

Rekening Bank di BPJS Ketenagakerjaan

9. Setelah semua data rekening bank sudah benar maka silahkan tekan Save changes

Cara Merubah No Rekening Bank

10. Selamat, merubah no rekening Bank berhasil dilakukan.

perubahan data sipp

Menggunakan Formulir Perubahan Data BPJS Ketenagakerjaan

Formulir Perubahan Data BPJS Ketenagakerjaan

Cara lainnya adalah merubah menggunakan formulir perubahan data BPJS Ketenagakerjaan. Kalian silahkan siapkan persyaratan berupa fotocopy KTP, KK, kartu BPJS Ketenagakerjaan dan download formulir perubahan data BPJS Ketenagakerjaan.pdf.

Tampilan formulirnya seperti diatas, silahkan isi no rekening bank dan data lainnya secara lengkap. Kemudian untuk merubah data silahkan datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan dengan membawa semua persyaratan lengkap dan mengurusnya disana.

Akhir Kata

Pastikan kamu menggunakan BANK YANG BEKERJASAMA DENGAN BPJS KETENAGAKERJAAN supaya lebih mudah dalam pencairan, pembayaran iuran ataupun mendapatkan bantuan BSU. Semoga dengan langkah merubah no rekening Bank diatas kalian akan lebih mudah melakukan perubahan data secara cepat.

Baca  Cara Tracking Klaim BPJS Ketenagakerjaan
Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Contoh Surat Paklaring

Hendri
2 min read

Tidak Bisa Daftar BPJSTKU

Hendri
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *