Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Cara Cek BLT BPJS Ketenagakerjaan

2 min read

Cara Cek BLT BPJS Ketenagakerjaan
Advertisements

Cara Cek BLT BPJS Ketenagakerjaan – Bantuan Langsung Tunai atau BLT memang ada banyak jenis dan fungsinya, salah satu contohnya adalah untuk pekerja. Bagi kalian yang sudah terdaftar pada sistem BPJS Ketenagakerjaan berkesempatan mendapatkan BLT subsidi gaji melalui nomor rekening bank milik pribadi.

Kebijakan mengenai BLT BPJS Ketenagakerjaan memang sudah ditentukan pemerintah dari tahun lalu melalui beberapa gelombang. Banyak orang pastinya ingin mengetahui cara cek BLT BPJS Ketenagakerjaan sudah cair atau belum karena program yang terus berlanjut sampai dengan tahun ini.

Permasalahan TIDAK BISA LOGIN BPJSTKU memang harus segera diselesaikan mengingat cara cek dilakukan menggunakan akun BPJS Ketenagakerjaan milik penerimanya. Secara langsung memang cara cek bantuan BPJS Ketenagakerjaan dapat menjadi bahan referensi khususnya untuk pekerja yang belum menerimanya pada tahun lalu.

Advertisements

Seperti yang kita tahu BLT BPJS Ketenagakerjaan memang diperuntukkan bagi pekerja formal dengan gaji dibawah 5 juta rupiah. Bantuan yang diberikan akan mulai dari 1,2 juta rupiah sehingga yang ditransger langsung ke rekening terdaftar pada BPJSTKU.

Cara Cek BLT BPJS Ketenagakerjaan

BPJSTKU cek BLT dapat dilakukan secara mudah menggunakan akun kalian yang sudah didaftarkan sebelumnya. Bagi yang belum maka bisa melakukan cara daftar BLT BPJS Ketenagakerjaan online kemudian melengkapi semua data pribadi kalian.

Dalam proses membuat akun BPJSTKU kalian wajib melakukan konfirmasi rekening dengan nama yang sama pada KTP. Isi data lain seperti nama, nomor NIK, nama Bank maupun nomor rekening agar mudah saat verifikasi dan juga pencairan dana bantuannya.

Apa itu BLT BPJS Ketenagakerjaan?

cara cek bantuan bpjs ketenagakerjaan

BLT BPJS Ketenagakerjaan adalah bantuan atau subsidi gaji untuk semua karyawan yang memiliki penghasilan dibawah Rp.5.000.000. Pemberian bantuan ini dilakukan secara bertahap melalui beberapa gelombang, pekerja wajib mencantumkan semua data termasuk nama bank dan nomor rekening untuk penerimaannya.

Syarat & Ketentuan

Syarat Ketentuan

Agar bisa menerima BLT BPJS Ketenagakerjaan kalian perlu memenuhi beberapa jenis persyaratan dan juga ketentuan berlaku. Pastikan juga kamu sudah mendaftar online akun BPJSTKU dan memasukkan informasi secara lengkap agar mempermudah proses pencairan bantuan.

  • Merupakan warga negara Indonesia dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk dan NIK.
  • Sudah terdaftar sebagai peserta JAMSOSTEK dengan BPJS Ketenagakerjaan yang aktif dibuktikan dengan kartu.
  • Penghasilan wajib dibawah Rp.5.000.000.
  • Melakukan pembayaran iuran JAMSOSTEK sesuai penghasilan yang dilaporkan ke BPJS.
  • Merupakan pekerja atau buruh yang menerima upah.
  • Mempunyai rekening bank aktif.
  • Tidak tergolong sebagai peserta Kartu Prakerja.
  • Bukan dari golongan PNS atau pegawai BUMN.

Cara Cek Bantuan BPJS Ketenagakerjaan Sudah Cair atau Belum

Apabila sudah memenuhi semua syaratnya maka kalian harus cek BLT BPJS Ketenagakerjaan terlebih dahulu untuk memastikan sebagai penerima bantuan. Cara ceknya cukup mudah silahkan login ke BPJS Ketenagakerjaan kemudian periksa rekening sebagai berikut.

1. Kunjungi alamat website BPJS Ketenagakerjaan

bpjstku cek blt
Advertisements

2. Masukkan alamat email dan password, lanjutkan dengan menekan captcha verifikasi. Setelah selesai tekan tombol LOGIN.

cara cek penerima bantuan bpjs

3. Sesudah masuk akun BPJS Ketenagakerjaan silahkan menuju menu KARTU DIGITAL.

cek bantuan bpjs ketenagakerjaan

4. Tampil beberapa kartu penerima upah BPJS Ketenagakerjaan, gulir kearah bawah.

bpjstku

5. Pilih kartu BPJS Ketenagakerjaan paling bawah kemudian masuk kedalamnya.

cara daftar blt bpjs ketenagakerjaan online

6. Akan tampil semua informasi pribadi kalian, geser kearah bawah.

cara cek bantuan bpjs ketenagakerjaan 1

7. Pastikan status peserta aktif, nomor rekening dan bank sudah terdaftar. Selanjutnya tinggal menunggu pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan.

cara cek blt bpjs ketenagakerjaan 1

8. Kalian bisa cek pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan melalui ATM, mobile, internet ataupun SMS Banking. Berikut ini contohnya jika BLT sudah masuk.

mengecek bpjstku

Akhir Kata

Seperti CARA MENCAIRKAN JAMSOSTEK TANPA PARKLARING memang dibutuhkan waktu sesuai dengan gelombang pencairannya. Dengan mengetahui nama dan rekening kita sudah terdaftar maka dipastikan BLT akan diterima sesuai jadwal dari Pemerintah.

Namun perlu diperhatikan cara cek penerima bantuan BPJS tidak berlaku apabila kalian sudah terdaftar pada kartu prakerja. Semoga dengan cara cek BLT BPJS Ketenagakerjaan diatas akan mempermudah kalian dalam proses verifikasi dan juga pencairan bantuannya.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *