Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

10 Cara Merubah Data BPJS Kesehatan 2022 : Online & Kantor

Cara Merubah Data BPJS Kesehatan

Cara Merubah Data BPJS Kesehatan – BPJS Kesehatan salah satu badan hukum yang bertanggung jawab mengenai jaminan kesehatan untuk semua masyarakat Indonesia, untuk setiap peserta nantinya akan diberikan jaminan kesehatan yang terbagi menjadi di kelas. Setiap kelas yang ada masing masing dibebankan iuran setiap bulannya, adapun setiap kelas sudah pasti besaran iuran berbeda.

Sebagai peserta BPJS Kesehatan wajib untuk memasukkan data dengan benar karena nantinya jika dibutuhkan untuk berobat di faskes sesuai yang di daftarkan dapat berjalan dengan lancar. Sedangkan terdapat data yang salah maka wajib untuk merubah terlebih dahulu, adapun cara merubah data BPJS Kesehatan memang cukup mudah bisa dilakukan secara online atau ke kantor langsung.

Perihal perubahan data memang tidak jauh berbeda dengan cara pindah faskes serta beberapa kendala lain yang berkaitan dengan BPJS Kesehatan, namun sebelum merubah wajib melengkapi semua syarat dan ketentuan. Dengan melengkapi itu semua maka proses akan berjalan dengan mudah, maka dari itu sangat disarankan agar lengkapi beberapa dokumen yang dibutuhkan mulai dari kartu keluarga, KTP dan lain sebagainya.

Apabila kalian salah satu peserta sedang mengalami permasalahan seperti salah input data, jumlah anggota ada yang meninggal, pindah domisili dan lain sebagainya, Maka artikel ini bisa kalian simak dan ikuti semua langkahnya, jika penasaran dengan semuanya silahkan simak ulasan dari pakaibpjs.com mengenai cara merubah data BPJS Kesehatan seperti dibawah ini.

Syarat & Ketentuan Merubah Data BPJS Kesehatan

Diatas memang sudah kami jelaskan kepada kalian semua untuk merubah data BPJS Kesehatan terdapat syarat dan ketentuan berlaku, dikarenakan sudah menjadi ketentuan berlaku maka wajib untuk dilengkapi. Untuk persyaratan utama wajib dilengkapi ialah menyiapkan kartu keluarga, jika kalian melakukan secara offline maka gunakan kartu keluarga yang asli.

Baca  11 Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Livin Mandiri 2022 : Syarat & Biaya

Kemudian identitas diri berupa KTP serta kartu BPJS Kesehatan, itulah beberapa persyaratan paling wajib dilengkapi jikapun ada persyaratan lain nantinya kalian akan di informasikan oleh pihak terkait. Ketika semua sudah dilengkapi langsung saja lanjut ke cara merubahnya, untuk lebih jelasnya dapat simak langsung sebagai berikut.

Cara Merubah Data BPJS Kesehatan Secara Online

Kemudian lanjut ke pembahasan utama sesuai dengan judul seperti diatas yaitu cara merubah data BPJS Kesehatan secara online, pada cara ini pastikan kalian sudah memiliki aplikasi Mobile JKN. Untuk mengetahui lebih jelas dan detailnya silahkan simak langsung ulasan sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

1. Jalankan Aplikasi Mobile JKN

1 Jalankan Aplikasi Mobile JKN

Langkah pertama harus kalian lakukan cukup pastikan semua persyaratan sudah dilengkapi setelah itu tinggal buka aplikasi Mobile JKN dan pastikan terhubung dengan koneksi internet lancar.

2. Pilih Menu Ubah Data Peserta

2 Pilih Menu Ubah Data Peserta

Apabila sudah berhasil masuk ke tampilan utama aplikasi Mobile JKN akan muncul banyak menu sudah tersedia, disini kalian cukup pilih saja menu Ubah Data Peserta.

3. Pilih Data yang Hendak Dirubah

3 Pilih Data yang Hendak Dirubah

Langkah berikutnya tinggal pilih saja data apa yang akan kalian rubah, disini kami contohkan cara merubah data alamat peserta karena pindah.

4. Isi Data Alamat Baru

4 Isi Data Alamat Baru

Kemudian tinggal isi alamat baru kalian mulai dari alamat rumah, Provinsi, Kota, Kecamatan sampai kelurahan.

5. Klik Simpan

5 Klik Simpan

Jika sudah benar semua alamat yang sudah kalian masukkan maka tahap berikutnya tinggal klik Simpan dan perlu diperhatikan wajib untuk tidak terjadi kesalahan.

6. Klik Selanjutnya

6 Klik Selanjutnya

Sebelum lanjut ke tahap berikutnya silahkan scroll saja ke bawah lalu klik ceklis, jika sudah maka tinggal klik Selanjutnya.

Baca  10 Cara Ganti Faskes Dokter Gigi BPJS Kesehatan Dijamin Berhasil 100%

7. Masukkan Kode Verifikasi

7 Masukkan Kode Verifikasi

Dengan tujuan keamanan maka wajib melakukan verifikasi, silahkan masukkan kode verifikasi yang masuk di pesan SMS di nomor sudah terdaftar dan lanjut klik Verifikasi.

8. Berhasil

8 Berhasil

Selesai, sampai disini kalian sudah berhasil merubah data.

Cara Merubah Data BPJS Kesehatan Ke Kantor BPJS Kesehatan

Jika ingin melakukan langsung di kantor BPJS Kesehatan langsung maka persiapkan semua syarat dan ketentuan sudah kami sebutkan seperti diatas dan pastikan yang asli serta foto copy jika dibutuhkan. Setelah semuanya sudah lengkap tinggal kunjungi langsung ke kantor BPJS Kesehatan ada di kota kalian masing masing.

Sesampai di kantor langsung saja ambil nomor antrian, jika bingung bisa tanyakan ke petugas akan tata caranya. Kemudian kalian akan di arahkan secara detail dan pihaknya akan membantu perubahan data sampai berhasil, sebelum pulang silahkan cek terlebih dahulu apakan sudah benar atau masih terdapat kesalahan.

Jika kalian melakukan pengecekan ketika sudah sampai dirumah maka harus melakukan lagi dari awal, tentunya hal ini tidak ingin terjadi pada diri kalian bukan. Maka dari itu sangat disarankan sekali untuk melakukan cek ulang data data baru saja dirubah apakah sudah benar atau terdapat data yang salah atau tidak sesuai dengan identitas diri.

Apakah bisa merubah data BPJS Kesehatan ?

Ya tentu saja bisa, kalian bisa pilih opsi di aplikasi mobile JKN atau datang langsung ke kantor.

Kenapa Perubahan data di aplikasi Mobile JKN gagal ?

Biasanya terjadi karena koneksi internet tidak bagus atau juga persyaratan kurang lengkap.

Akhir Kata

Nah seperti itulah tadi pembahasan lengkap mengenai cara merubah data BPJS Kesehatan secara online maupun langsung ke kantor BPJS Kesehatan seperti salah input, pindah domisili dan lainnya dapat Pakaibpjs.com sampaikan. Semoga dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua peserta BPJS Kesehatan sedang membutuhkan pembahasan tersebut.

Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *