Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

10 Cara Mengurus Kartu BPJS Kesehatan Hilang 2022 : Syarat & Ketentuan

Cara Mengurus Kartu BPJS Kesehatan Hilang
Advertisements

Cara Mengurus Kartu BPJS Kesehatan Hilang – Kartu BPJS Kesehatan memang memiliki cukup banyak manfaat bagi setiap peserta, oleh karena itu kalian wajib untuk menjaga jangan sampai hilang agar sewaktu waktu dibutuhkan kalian tidak bingung. Sebab syarat utama untuk mendapatkan layanan kesehatan tersebut wajib untuk melengkapi kartu BPJS Kesehatan sesuai ketentuan berlaku.

Lantas bagaimana jika kartu BPJS Kesehatan hilang ? Langkah apa yang harus dilakukan oleh setiap peserta jika mengalami kejadian seperti tersebut, perihal permasalahan seperti ini kalian tidak bingung. Sebab terdapat cara mengurus kartu BPJS hilang namun sebelum itu wajib untuk melengkapi syarat serta ketentuan berlaku sehingga proses pengurusan dapat berjalan dengan lancar.

Adapun caranya sendiri terdapat dua opsi bisa kalian pilih yakni secara online serta offline, dimana kedua cara yang tersedia sama sama mudahnya namun sebelum itu lengkapi semua persyaratan sesuai dengan ketentuan berlaku. Adapun beberapa dokumen yang dibutuhkan harus asli jika kalian mengurusnya secara offline atau ke kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan lokasi setiap peserta.

Advertisements

Hal seperti ini biasanya akan dilakukan bagi setiap peserta seperti ingin menikmati layanan kesehatan, namun perlu diketahui juga terdapat beberapa penyakit tidak bisa menggunakan BPJS Kesehatan. Sesuai dengan pembahasan kali ini kami akan informasikan cara mengurus kartu BPJS Kesehatan hilang, untuk lebih jelasnya silahkan simak langsung ulasan dari Pakaibpjs.com sebagai berikut.

Syarat Mengurus Kartu BPJS Kesehatan Hilang

Seperti sudah dijelaskan dari awal pembahasan ketika ingin mengurus kartu BPJS Kesehatan yang hilang wajib untuk melengkapi semua syarat dan ketentuan berlaku baik itu secara online maupun offline. Agar lebih jelas serta detailnya dapat simak langsung ulasan telah dipersiapkan seperti dibawah ini.

  • Persiapkan identitas diri berupa KTP.
  • Surat Kehilangan kartu BPJS Kesehatan.
  • Kartu Keluarga (KK).
  • Mengetahui nomor BPJS Kesehatan.
  • Nomor Telepone.
  • Memiliki akun JKN Mobile.
Baca  Melahirkan Normal dengan BPJS 2022 : Syarat, Biaya & Prosedur

Cara Mengurus Kartu BPJS Kesehatan Hilang

Saat ini ada dua cara bisa kalian lakukan ketika ingin mengurus kartu BPJS Kesehatan karena hilang yakni secara online serta offline, keduanya terdapat syarat dan ketentuan berlaku. Untuk mengetahui lebih jelas dan detailnya, silahkan simak langsung ulasan telah dipersiapkan seperti dibawah ini.

Secara Online Lewat JKN Mobile

  1. Pastikan sebelumnya sudah memiliki aplikasi JKN Mobile dan memiliki akun terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya tinggal buka aplikasi JKN Mobile dengan memasukkan nomor karti atau email terdaftar serta kata sandi sudah dibuat sebelumnya.
  3. Ketika sudah berhasil masuk ke akun JKN Mobile silahkan langsung pilih menu Cetak Kartu e-ID.
  4. Kemudian lanjut klik icon email dan selanjutnya ikuti instruksi selanjutnya.
  5. Selanjutnya kalian akan mendapatkan email dari BPJS Kesehatan yang mana berisi detail kartu serta nama peserta.
  6. Langkah terakhir tinggal cetak kartu.

Lewat Kantor BPJS Kesehatan

  1. Sebelum berkunjung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat setiap peserta wajib untuk membuat surat kehilangan yang bisa dilakukan ke kantor Polisi.
  2. Selanjutnya tinggal persiapkan saja semua syarat dan ketentuan seperti sudah kami jelaskan diatas, pastikan semua dokumen asli.
  3. Setelah itu tinggal kunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan lokasi kalian.
  4. Berikutnya tinggal menunggu nomor antrian sesuai prosedur dari kantor tersebut.
  5. Ketika nomor antrian sudah dipanggil langsung saja informasikan niatan kalian yakni urus kartu BPS Kesehatan karena hilang.
  6. Berikutnya tinggal serahkan semua persyaratan sudah kalian persiapkan.
  7. Terakhir tinggal tunggu saja dimana petugas akan membuatkan kartu BPJS yang hilang.

Call Center BPJS Kesehatan

Jika ada pertanyaan yang ingin ditanyakan perihal permasalahan sedang kalian alami yang belum sempat ditanyakan sangat disarankan agar menghubungi call center BPJS Kesehatan. Berikut kami informasikan beberapa kontak center dapat dihubungi.

Baca  10 Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat BRImo 2022 : Syarat & Biaya

Melalui layanan masyarakat call center BPJS Kesehatan 1500 400 berharap agar peserta mendapatkan kemudahan dalam pelayanan jaminan kesehatan dalam mendapatkan informasi terbaru, melakukan pendaftaran calon peserta dengan mudah, perubahan data peserta, cek kepesertaan dan lainnya terkait program BPJS Kesehatan.

Akhir Kata

Dari kedua cara seperti diatas maka dapat menarik kesimpulan bahwa caranya memang sama sama mudahnya, sangat disarankan agar menggunakan dokumen asli jika mengurus langsung ke kantor BPJS Kesehatan.

Nah seperti itulah tadi pembahasan lengkap mengenai cara mengurus BPJS Kesehatan yang hilang disertai dengan syarat dan ketentuan dapat Pakaibpjs.com sampaikan. Semoga dengan adanya penjelasan diatas dapat membantu semua peserta sedang membutuhkannya.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.