Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

12 Cara Berobat Pakai BPJS Tanpa Kartu Syarat & Ketentuan 2022

Cara Berobat Pakai BPJS Tanpa Kartu
Advertisements

Cara Berobat Pakai BPJS Tanpa Kartu – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau disebut dengan BPJS merupakan program asuransi kesehatan dari pemerintah dimana setiap masyarakat Indonesia wajib menjadi salah satu bagian atau peserta BPJS Kesehatan. Dengan begitu semua Warga Negara Indonesia (WNI) berhak mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai dengan ketentuan berlaku, semua itu sudah di tuang pada peraturan presiden.

Adanya Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) setiap masyarakat bisa daftar BPJS Kesehatan secara online maupun offline, dengan menjadi peserta aktif BPJS Kesehatan semua orang bisa menikmati pelayanan kesehatan di beberapa faskes (Fasilitas Kesehatan) terdaftar. Namun untuk mendapatkan pelayanan tersebut wajib untuk melengkapi semua syarat dan ketentuan berlaku, sehingga pelayanan kesehatan segera ditangani.

Lantas bagaimana jika berobat di layanan kesehatan terdaftar tetapi kartu BPJS tidak ada atau hilang apakah bisa dilakukan ? Perihal pertanyaan seperti tersebut sebetulnya terdapat cara berobat pakai BPJS tanpa kartu. Namun sebelum menikmati semua layanan kesehatan wajib melengkapi semua syarat dan ketentuan berlaku, jadi sebelum itu alangkah baiknya untuk ketahui semua agar paham dan jelas nantinya terlebih lagi jika kalian baru pertama kali melakukan.

Advertisements

Dikarenakan banyak yang penasaran dengan semuanya maka pada pertemuan sangat baik ini kami akan menjelaskan kepada kalian semua mulai dari syarat dan ketentuan berlaku, jadi sangat disarankan sekali agar simak artikel ini sampai selesai. Baiklah untuk mempersingkat waktu kalian semua silahkan simak langsung ulasan dari Pakaibpjs.com mengenai cara berobat BPJS tanpa kartu yang sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

Syarat dan Ketentuan Berobat Pakai BPJS Tanpa Kartu

Banyak peserta yang masih bingung ketika ingin mendapatkan layanan kesehatan dari BPJS Kesehatan, bingung pada saat berobat tetapi kartu BPJS Kesehatan apakah masih bisa berobat ? Perihal permasalahan seperti tersebut memang masih bisa dilakukan, karena sekarang ini terdapat KIS Digital loh. Itu merupakan persyaratan pertama wajib dilengkapi ketika ingin berobat tanpa kartu BPJS Kesehatan, dimana itu tersedia pada aplikasi JKN Mobile.

Baca  √ Kartu KIS Hilang 2022 : Syarat, Cara Mengurus Online & Offline

Sedangkan persyaratan yang berikutnya cuma pastikan status kepesertaan BPJS Kesehatan masih aktif, secara otomatis jika status masih aktif maka bisa menikmati layanan kesehatan. Dan pastinya kalian sudah memiliki aplikasi mobile JKN, apabila belum memilikinya silahkan daftar Mobile JKN disaat itu juga kok.

Sekiranya hanya itu saja si mengenai syarat dan ketentuan ketika ingin menikmati layanan kesehatan pada program asuransi kesehatan dari pemerintah. Jadi sebelum itu, pastikan semuanya sudah dilengkapi agar bisa menikmati layanan kesehatan.

Cara Berobat Pakai BPJS Tanpa Kartu

Kemudian lanjut ke pembahasan utama sesuai dengan judul diatas yakni cara berobat pakai BPJS tanpa kartu, namun sebelum itu pastikan bahwa semua persyaratan sudah kalian lengkapi terlebih dahulu. Jika penasaran bagaimana cara menggunakan tanpa kartu, silahkan simak langsung ulasan sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

  1. Jadi langkah pertama harus dilakukan adalah mempersiapkan beberapa dokumen baik itu surat rujukan, dokumen berupa identitas diri serta lainnya.
  2. Ketika semua sudah dilengkapi, silahkan langsung saja ke bagian pendaftaran, karena pelayanan kesehatan bisa segera ditangani maka segera daftar lewat jalur BPJS.
  3. Setelah semua syarat yang dibutuhkan sudah diserahkan semua, namun kartu BPJS Kesehatan ketinggalan atau hilang maka bisa gunakan saja KIS digital.
  4. Dengan menggunakan KIS Digital maka bisa digunakan sebagai pengganti kartu BPJS.
  5. Jika semua sudah beres, maka setiap peserta sudah bisa menikmati layanan kesehatan di salah satu fasilitas kesehatan.

Cara Daftar Mobile JKN

Bagi kalian yang belum memiliki aplikasi Mobile JKN, maka daftar terlebih dahulu agar bisa menikmati semua layanan tersedia. Agar lebih jelasnya, silahkan simak langsung ulasan sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

  1. Langkah pertama harus dilakukan silahkan buka aplikasi Mobile JKN, setelah itu lanjut Klik Daftar.
  2. Lalu langkah berikutnya tinggal pilih Pendaftaran Peserta Baru.
  3. Setelah itu silahkan baca ketentuan pendaftaran, klik Setuju.
  4. Kemudian tinggal masukkan NIK KTP dan Ketik kode captcha.
  5. Lalu akan menampilkan daftar data keluarga serta calon peserta BPJS Kesehatan.
  6. Kemudian tinggal Isi data diri, setelah itu klik Selanjutnya.
  7. Kemudian tentukan fasilitas kesehatan (faskes), termasuk dokter gigi.
  8. Kemudian masukkan alamat email yang aktif dan Klik Simpan.
  9. Lalu masukkan kode verifikasi akan dikirimkan ke alamat email yang didaftarkan.
  10. Silahkan cek email masuk dan salin kode verifikasi tersebut ke aplikasi Mobile JKN.
  11. Peserta akan mendapatkan virtual account untuk pembayaran premi, dimana kode tersebut nantinya dijadikan sebagai kode pembayaran yang harus dibayarkan setiap peserta.
  12. Langkah terakhir tinggal selesaikan pembayaran, silahkan kalian lakukan pembayaran sesuai dengan keinginan yang tersedia pada aplikasi Mobile JKN.
Baca  6 Cara Menambah Anggota BPJS di JKN Mobile : Syarat & Ketentuan

Kesimpulan

Apabila melihat dari penjelasan diatas maka dapat menarik kesimpulan bahwa semua peserta BPJS Kesehatan masih bisa menikmati pelayanan kesehatan tanpa kartu di beberapa fasilitas kesehatan terdaftar. Namun saran kami ketika ingin menikmati fasilitas kesehatan baik itu rawat inap, berobat berjalan atau lainnya pastikan ketahui semua syarat dan ketentuan berlaku.

Nah seperti itulah kiranya mengenai cara berobat pakai BPJS Kesehatan tanpa kartu disertai dengan syarat dan ketentuan perlu diketahui dapat Pakaibpjs.com sampaikan. Semoga dengan adanya penjelasan mengenai diatas bisa membantu semua orang sedang membutuhkannya,

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.