Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

8 Cara Mendapatkan Surat Rujukan BPJS Untuk Berobat & Rawat Inap

Cara Mendapatkan Surat Rujukan BPJS

Cara Mendapatkan Surat Rujukan BPJS – Kehadiran jaminan kesehatan yang diberikan kepada semua masyarakat Indonesia lewat Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dimana merupakan program dari pemerintah langsung, sehingga setia Warga Negara Indonesia (WNI) berhak dan wajib untuk mendapatkannya. Adapun terdapat beberapa jenis BPJS yakni Penerima Bantuan Iuaran (PBI) dan bukan PBI, beberapa jenis tersebut memiliki fungsi yang sama sama mendapatkan pelayanan kesehatan.

Adapun caranya terbilang mudah setiap peserta bisa berobat di Faskes tingkat pertama yakni Puskesmas ataupun juga klinik umum yang sudah bekerja sama dengan pihak BPJS, apabila Faskes tingkatan pertama tidak sanggup untuk menangani maka diharuskan untuk Faskes tingkat selanjutnya. Namun untuk mendapatkan pelayanan tersebut setiap peserta dibutuhkan surat rujukan BPJS dari Faskes tingkat pertama, dengan adanya surat rujukan tersebut nantinya semua pasien bisa mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai dengan yang di tunjukan atau di rekomendasikan.

Untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tersebut, kalian semua wajib untuk mendaftar terlebih dahulu dimana sebelumnya juga sudah kami sampaikan kepada kalian semua dan setelah itu wajib untuk memiliki aplikasi Mobile JKN, pada aplikasi tersebut ada banyak keuntungan didapatkan. Bahkan beberapa fitur tersedia lebih memudahkan seperti ubah data mulai dari ganti faskes di Mobile JKN, tambah anggota serta masih banyak lagi lainnya bisa kalian manfaatkan sesuai dengan kebutuhan.

Karena banyak yang penasaran dengan surat rujukan BPJS Kesehatan mulai dari syarat dan cara membuat, jadi pada pertemuan sangat baik ini kami akan menjelaskan kepada kalian semua secara jelas dan detailnya. Baiklah untuk menjawab rasa penasaran tersebut kali ini Pakaibpjs.com hendak sampaikan cara membuat surat rujukan BPJS Kesehatan telah dipersiapkan buat semua peserta seperti dibawah ini.

Baca  Pandawa BPJS 2022 : Pengertian, Fungsi & Nomor WhatsApp

Apa Itu Surat Rujukan BPJS

Sebelum lanjuut ke pembahasan utama sesuai dengan judul diatas terlebih dahulu informasikan mengenai pengertian dari surat rujukan BPJS Kesehatan, karena hampir dari sebagian besar peserta BPJS Kesehatan memang belum mengetahui maksud dari surta rujukan mulai dari fungsi serta pengertian.

Singkatnya surat rujukan BPJS Kesehatan adalah merupakan surat pengantar tenaga medis yang ditujukan sebagai petunjuk untuk mendapatkan pengobatan atau pelayanan kesehatan lanjutan kepada dokter yang lebih baik atau sesuai dengan ditujukan dari Faskes pertama, jadi alurnya adalah dari fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP BPJS) lalu lanjut ke Faskes kedua.

Syarat Buat Surat Rujukan BPJS Kesehatan

Sebagaimana sudah di jelaskan dari awal pembahasan ketika ingin buat surat rujukan di Faskes pertama terlebih dahulu melengkapi semua syarat dan ketentuan berlaku. Jika kalian masih bingung atau tidak tahu akan persyaratannya, silahkan simak langsung ulasan sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

  • Syarat pertama harus dilengkapi adalah setiap pasien memang benar benar membutuhkan pelayanan dari dokter spesialis.
  • Lanjut persyaratan berikutnya pastikan bahwa fasilitas kesehatan tingkat pertama memang tidak memiliki fasilitas yang memadai untuk kesembuhan dari pasien tersebut.
  • Kemudian tinggal lengkapi beberapa dokumen yang dibutuhkan seperti Foto Copy Kartu Keluarga ( KK ), Foto Copy identitas diri berupa KTP dan selanjutnya adalah foto copy dokumen asli kartu BPJS Kesehatan.

Cara Mendapatkan Surat Rujukan BPJS Kesehatan

Lalu berlanjut mengenai cara buat surat rujukan BPJS Kesehatan dan kami sangat menyarankan sekali agar setiap peserta atau pasien sudah mengetahui atau melengkapi semua syarat dan ketentuan berlaku. Baiklah tanpa perlu berlama lama lagi sebaiknya simak langsung ulasan sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

  1. Langkah pertama silahkan lengkapi semua syarat dan ketentuan seperti sudah dijelaskan diatas, pastikan semua dokumen sudah lengkap.
  2. Selanjutnya tinggal kunjungi langsung faskes I seperti Puskesmas atau klinik umum telah bekerja sama dengan pihak BPJS.
  3. Nantinya pihak dari kesehatan tersebut akan mendiagnosa dari kondisi kesehatan, ketika kedapatan harus mendapatkan fasilitas kesehatan lebih lanjut maka akan diberikan surat rujukan tingkat II.
  4. Dan sampai disini kalian sudah berhasil buat surat rujukan BPJS, selanjutnya tinggal gunakan sesuai dengan ketentuan berlaku.
Baca  Tarif BPJS Kesehatan Standar 2022 : Tipe Kelas A & B

Masa Berlaku Surat Rujukan BPJS

Kemudian lanjut ke pembahasan utama sesuai dengan judul diatas yakni masa berlaku surat rujukan BPJS, sesuai dengan ketentuan berlaku bahwa surat tersebut memiliki masa berlaku kurang lebih selama satu minggu. Jadi setiap peserta diharuskan segera menggunakan surat rujukan tersebut sebelum masa berlaku habis, karena setelah masa berlaku habis maka tidak bisa digunakan lagi.

Pada intinya ketika akan berlanjut berobat di Faskes kedua harus membawa surat rujukan BPJS Kesehatan, sehingga pada tingkatan berikutnya kalian bisa menikmati layanan kesehatan dari pihak BPJS Kesehatan. Jikapun masa berlaku surat rujukan BPJS sudah habis maka setiap peserta diwajibkan untuk meminta kembali, adapun caranya sendiri bisa kalian dapatkan di Faskes tingkat pertama.

Kesimpulan

Bila melihat dari penjelasan seperti diatas tentu dapat menarik kesimpulan bahwa setiap kali membuat surat rujukan yang didapatkan dari fasilitas Kesehatan atau Faskes pertama terdapat masa berlaku surat rujukan BPJS, jadi sebelum itu setiap peserta wajib untuk mengetahui itu sebelumnya. Jadi sangat disarankan ketika sudah memiliki surat rujukan sebaiknya segera digunakan sebelum batas waktu habis, sehingga setiap peserta bisa mendapatkan layanan kesehatan tahap selanjutnya.

Nah seperti itulah tadi pembahasan lengkap mengenai syarat dan cara mendapatkan surat rujukan BPJS Kesehatan disertai dengan pengertian dapat Pakiabpjs.com sampaikan. Semoga dengan adanya penjelasan diatas dapat membantu semua peserta sedang membutuhkan informasi sudah disebutkan seperti tersebut.

Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *