Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

√13 Cara Daftar KTA IBI Online Praktis: Syarat, Biaya, dan Cek 2022

Cara Daftar KTA IBI Online

Cara Daftar KTA IBI Online – Jasa seorang bidan dalam membantu melahirkan jutaan nyawa manusia memang patut diapresiasi. Namun profesi mulia tersebut tentunya membutuhkan badan hukum yang menaungi.

Di Indonesia sendiri sudah ada organisasi bagi para bidan bernama IBI (Ikatan Bidan Indonesia). Masyarakat yang sedang atau akan menjalani profesi tersebut wajib mengetahu cara daftar KTA IBI Online.

Apabila ditakar dari segi efisiensinya, mempraktikan cara daftar KTA IBI Online cukup cepat dan mudah. Jadi segera lakukan registrasi dan mulai melakukan pendaftaran keanggotaan pada IBI.

Agar dapat memberikan gambaran nyata tentang cara daftar KTA IBI Online tadi, maka pada kesempatan kali ini PakaiBPJS akan membahasnya. Pastikan kalian menyimak setiap langkah dan poin pembahasan agar tidak mengalami kendala.

Syarat Daftar KTA IBI Online

Sebagai salah satu organisasi resmi di Indonesia, pastinya daftar KTA IBI memerlukan persyaratan. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya seleksi masuk IBI yang dilakukan dengan cara online.

Berikut beberapa syarat untuk daftar KTA IBI.

  • Nomor Handphone Aktif
  • Alamat Email Aktif
  • KTP Aktif Terdaftar Didukcapil
  • Pendidikan Sesuai Profesi
  • Nomor STR
  • Scan Foto Diri
  • Scan Dokumen Ijazah
  • Scan Dokumen KTP
  • Scan Dokumen STR

Biaya Daftar KTA IBI Online

Dalam cara daftar KTA IBI, nantinya calon pendaftar akan dikenakan biaya guna melakukan pembuatan dokumen. Pelunasan biaya biasanya akan dilakukan setelah anda sudah melakukan pendaftaran KTA IBI online.

Berikut rincian biaya setelah daftar KTA IBI.

  • Surat Izin Kerja Bidan (SIKB) daerah masing-masing sebesar Rp. 50.000,00.
  • Surat Izin Praktek Bidan (SIPB) daerah masing-masing sebesar Rp. 150.000,00.
Baca  6 Asuransi Kesehatan Yang Bisa Dicairkan Terbaik 2022

Cara Daftar KTA IBI Online

Setelah mengetahui rincian persyaratan dan biaya yang harus ditanggung, maka tibalah saatnya bagi kalian mengetahui cara daftarnya secara online. Tentunya pastikan perangkat serta koneksi internet sudah disiapkan.

Berikut langkah-langkah pada cara daftar KTA IBI.

  • Kunjungi Website Resmi IBI
  • Registrasi Mandiri KTA IBI
  • Pengisian Informasi Personal
  • Pengisian Informasi Kependudukan
  • Pengisian Informasi Pendidikan
  • Pengisian Informasi STR dan Izin Praktek
  • Pengisian Informasi Pekerjaan
  • Pengisian Keanggotaan
  • Pengunggahan Dokumen
  • Pembuatan Akun IBI

1. Kunjungi Website Resmi Daftar KTA IBI Online

Sebelum mulai melakukan pendaftaran, silahkan kunjungi terlebih dahulu website resmi dari Ikatan Bidan Indonesia. Apabila sudah berada pada halaman website, silahkan pilih menu Daftar Menjadi Anggota.

1. Kunjungi Website Resmi Daftar KTA IBI Online

2. Registrasi Mandiri KTA IBI

Secara otomatis, pihak IBI akan meminta melakukan pemeriksaan tentang keaktifan anggota. Silahkan isikan data sesuai dengan kolom informasi tersedia pada formulir online. Apabila semua kolom sudah terisi, maka pilih Periksa.

2. Registrasi Mandiri KTA IBI

Saat muncul kotak dialog yang menanyakan minat menjadi anggota, silahkan pilih opsi YA.

2. Registrasi Mandiri KTA IBI 2

3. Pengisian Informasi Personal

Berikutnya kalian akan diminta mengisi beberapa informasi terkait dengan identitas personal. Silahkan isikan Nomor handphone, Alamat Email Aktif, dan Kolom lainya yang tertera pada tampilan

3. Pengisian Informasi Personal

Sebagai catatan, setelah pengisian data personal jangan terburu-buru menekan tombol Kirim Pendaftaran. Namun lakukan Scroll dulu ke atas, kemudian isikan beberapa data pada tab menu di atas.

4. Pengisian Informasi Kependudukan

Pada halaman ini, kalian akan diminta mengisikan wilayah domisili sesuai dengan keterangan tempat yang tercantum pada KTP. Saat semua kolom sudah terisi, segera lakukan Scroll ke atas untuk pindah halaman.

4. Pengisian Informasi Kependudukan

5. Pengisian Informasi Pendidikan

Langkah berikutnya pada cara daftar KTA IBI adalah mengisikan informasi perihal Pendidikan Terakhir. Isikan informasi secara akurat agar nantinya tidak terjadi kendala pada proses daftar. Kembali lakukan Scroll ke atas guna melanjutkan tahap berikutnya.

5. Pengisian Informasi Pendidikan

6. Pengisian Informasi STR dan Izin Praktek

Selanjutnya terdapat tahap dimana pihak IBI akan meminta Nomor STR (Surat Tanda Registrasi). Isikan nomor dengan benar, kemudian silahkan kosongkan saja kolom lain apabila memang belum memilikinya.

Baca  12 Asuransi Kesehatan Syariah Terbaik 2022 : Keunggulan & Cara Beli
6. Pengisian Informasi STR dan Izin Praktek

7. Pengisian Informasi Pekerjaan

Pihak IBI akan meminta kalian mengisikan Informasi Pekerjaan mulai dari instansi, status pekerjaan, alamat instansi, dan masih banyak lainnya. Silahkan isi sesuai pekerjaan kalian pada saat melakukan cara daftar anggota.

7. Pengisian Informasi Pekerjaan

8. Pengisian Keanggotaan

Pada halaman keanggotaan, pendaftar harus mengisikan dimana Cabang Wilayah IBI yang akan dituju. Masukan data Provinsi, Kabupaten, dan Ranting IBI sesuai wilayah masing-masing pendaftar.

8. Pengisian Keanggotaan

9. Pengunggahan Dokumen

Selanjutnya terdapat tahapan untuk mengunggah semua dokumen pendaftaran, seperti Scan Foto Diri, Scan KTP, Scan Ijazah, dan Scan STR. Setelah semua file selesai diunggah, silahkan pilih Kirim Pendaftaran.

9. Pengunggahan Dokumen

10. Daftar Akun KTA IBI Online

Setelah semua langkah pada cara daftar KTA IBI dipraktikan, maka langsung saja kembali ke halaman awal. Kemudian pilih menu Buat Akun agar nantinya pengguna bisa login dan mendapatkan akses.

Cara Cek Keaktifan KTA IBI Online

Setelah melakukan daftar KTA IBI, maka silahkan lanjutkan dengan melakukan pengecekan terhadap keaktifannya. Caranya pun cukup mudah karena prosesnya hanya memerlukan beberapa menit saja.

Berikut langkah-langkah dalam melakukan cek keaktifan KTA IBI online.

  • Masuk Website Resmi IBI
  • Lakukan Proses Login
  • Data Keanggotaan Tertera

1. Masuk Website Resmi IBI

Apabila kalian ingin melakukan pengecekan terhadap status keaktifan keanggotaan IBI, terlebih dahulu masuk ke halaman pendaftaran sebelumnya.

2. Lakukan Proses Login

Setelah berada di halaman website, maka lakukan proses login dengan memasukkan ID Pengguna dan Kata Sandi.

3. Data Keanggotaan Tertera

Apabila semua data pada proses Login dimasukkan secara benar, maka kalian akan masuk ke dalam halaman akun. Di sana akan muncul berbagai keterangan tentang keaktifan pengguna sebagai anggota.

Akhir Kata

Itulah tadi langkah-langkah pada cara daftar KTA IBI Online yang bisa kalian praktikan sendiri di rumah. Sebaiknya segera daftarkan diri secara online kemudian lakukan konfirmasi ke kantor cabang masing-masing daerah.

Sekian pembahasan dari PakaiBPJS tentang cara daftar KTA IBI. Semoga isi dalam pembahasan kali ini dapat membantu kalian para calon maupun yang sudah menjadi bidan Indonesia dalam melaksanakan tugas.

Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.