Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

14 Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan Dengan KTP : Mudah & Cepat

Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan Dengan KTP

Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan Dengan KTP – Ada banyak peserta dari BPJS Ketenagakerjaan yang mempertanyakan bagaimana cara mengetahui apakah sudah terdaftar atau belum, hal seperti tersebut memang sering kali dipertanyakan. Atau bahkan beberapa peserta mempertanyakan apakah sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan masih aktif atau tidak.

Perihal pertanyaan seperti tersebut sebetulnya untuk mengetahui apakah masih aktif atau tidak memang sangat mudah, dimana setiap peserta bisa melakukan cek keanggotaan cukup dengan KTP atau nomor NIK. Namun kami lebih menyarankan agar dilakukan secara online karena lebih mudah dan cepat bila dibandingkan dengan melakukan cek secara offline yakni datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Tentu banyak alasan kenapa beberapa peserta BPJS Ketenagakerjaan mempertanyakan statusnya masih aktif atau tidak, salah satu alasan kuat sebagai persyaratan untuk mendaftar ataupun klaim yang mengharuskan melengkapi BPJS Ketenagakerjaan. Untuk melakukan hal tersebut setiap peserta wajib untuk melengkapi beberapa persyaratan sesuai dengan ketentuan berlaku, sehingga proses cara cek BPJS Ketenagakerjaan dengan KTP dapat berjalan lancar sesuai dengan yang di inginkan.

Ada cukup banyak manfaat bisa peserta dapatkan dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dan salah satunya sebagai syarat utama untuk mendapat bantuan BPJS Ketenagakerjaan serta masih banyak lagi lainnya. Jika penasaran dengan semuanya silahkan simak langsung ulasan dari Pakaibpjs.com mengenai cara cek BPJS Ketenagakerjaan dengan KTP atau nomor NIK yang sudah dipersiapkan buat kalian semua seperti dibawah ini.

Syarat Cek BPJS Ketenagakerjaan Dengan KTP

Seperti sudah kami jelaskan kepada kalian semua untuk melakukan hal ini setiap peserta wajib untuk melengkapi beberapa syarat dan ketentuan berlaku. Apabila penasaran dengan semuanya silahkan simak langsung ulasan lengkap sudah kami persiapkan buat kalian semua seperti dibawah ini.

  • Syarat pertama wajib peserta lengkapi pastikan sudah mempersiapkan identitas diri berupa KTP untuk mengetahui nomor NIK.
  • Sedangkan untuk persyaratan kedua pastikan memiliki akses internet yang memadai karena akan dilakukan secara online.
  • Terakhir memiliki akun BPJSTK Mobile, jika belum memiliki bisa lakukan pendaftaran terlebih dahulu.
Baca  2 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Tanpa Aplikasi Mudah & Cepat

Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan Dengan KTP

Adapun caranya terdapat beberapa bisa kalian pilih baik itu secara online maupun juga offline, meskipun judul diatas secara online tapi kami akan melengkapi dengan cara offline. Bila penasaran dengan semuanya silahkan simak langsung ulasan lengkap sudah dipersiapkan buat kalian semua seperti dibawah ini.

Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan Lewat BPJSTK Mobile

Cara pertama bisa dilakukan ialah menggunakan aplikasi BPJSTK Mobile, akan tetapi jika ingin menggunakan cara ini wajib memiliki akun dan aplikasinya. Jika penasaran dengan caranya silahkan simak langsung ulasan sudah dipersiapkan untuk kalian semua seperti dibawah ini.

  1. Langkah pertama harus lakukan ialah buka aplikasi BPJSTK Mobile terlebih dahulu, apabila sebelumnya belum memiliki silahkan download dan daftar akun terlebih dahulu.
  2. Ketika sudah memiliki aplikasi dan akun maka langkah berikutnya tinggal buka aplikasi BPJSTK Mobile.
  3. Apabila sudah berhasil masuk ke halaman utama dari aplikasi tersebut maka langkah berikutnya tinggal tap Kartu Digital.
  4. Langkah terakhir tinggal klik detail, nantinya akan muncul informasi tentang status kepesertaan kalian.

Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan Lewat Situs Resmi

Lalu berlanjut cara kedua yakni akses situs resmi dari BPJS Ketenagakerjaan, dengan cara ini juga terbilang sangat mudah serta prosesnya juga sangat cepat. Namun sebelum itu pastikan semua persyaratan telah kalian lengkap, baiklah untuk mempersingkat waktu silahkan simak ulasan sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

  1. Jadi tahap pertama harus lakukan adalah kunjungi situs resmi BPJS Ketengakerjaan atau salin link berikut https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.
  2. Apabila sudah berhasil masuk ke halaman utama langsung klik Registrasi.
  3. Lalu langkah berikutnya tinggal isi formulir seperti nomor KPJ, Nama, tanggal lahir serta nomor NIK.
  4. Jika sudah berhasil terhubung maka langkah terakhir tinggal tap Layanan, nantinya akan muncul informasi lengkap akan status peserta kalian.
Baca  √ Verifikasi Biometrik JMO Gagal 3 Kali, Begini Cara Mengatasinya!

Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan Lewat Kantor

Sedangkan untuk cara terakhir bisa kalian lakukan ialah kunjungi langsung kantor BPJS Ketenagakerjaan di sekitar tempat tinggal kalian, namun sebelum itu wajib untuk melengkapi semua syarat dan ketentuan berlaku agar proses dapat berjalan dengan lancar.

  1. Jadi langkah pertama harus dilakukan lengkapi semua persyaratan seperti KTP/nomor NIK, Nomor KPJ serta beberapa dokumen lain yang dibutuhkan.
  2. Setelah semua langkah silahkan kunjungi langsung kantor BPJS Ketenagakerjaan, silahkan buka aplikasi google maps jika tidak tahu alamatnya dimana.
  3. Ketika sudah sampai di kantor silahkan ambil nomor antrian, jika bingung bisa minta tolong ke satpam biasanya akan ditanyakan keperluannya apa.
  4. Silahkan tunggu sebentar dimana wajib antri sampai nomor kalian di panggil.
  5. Setelah nomor antrian di panggil langsung saja menuju ke petugas sesuai dengan perintah.
  6. Kemudian langsung saja informasikan hendak cek status BPJS Ketenagakerjaan.
  7. Nantinya kalian akan dimintai identitas diri berupa KTP serta nomor KPS, silahkan informasikan.
  8. Tunggu sebentar petugas akan melakukan cek terlebih dahulu, setelah sudah berhasil nantinya petugas akan informasikan secara jelas dan detail.

Kesimpulan

Apabila melihat dari penjelasan diatas maka dapat menarik kesimpulan bahwa caranya sendiri terbilang mudah dan bisa dilakukan secara online, diatas juga sudah kami sampaikan caranya. Saran kami jika ingin melakukan cara seperti diatas, lebih baik pastikan terhubung dengan koneksi internet lancar sehingga proses dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Nah seperti itulah tadi penjelasan lengkap mengenai cara cek BPJS Ketenagakerjaan dengan KTP atau nomor NIK serta syarat dan ketentuan dapat Pakaibpjs.com sampaikan. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu semua orang sedang membutuhkannya.

Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.