Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Cara Berobat Mata dengan BPJS

2 min read

Cara Berobat Mata dengan BPJS
Advertisements

Cara Berobat Mata dengan BPJS – Layanan BPJS memang mencakup berbagai penyakit dan juga pengobatan bagi pesertanya. Bagi kalian yang mengalami gangguan pada mata maka dapat memeriksakannya langsung menggunakan fasilitas dari BPJS.

Periksa mata merupakan salah satu prioritas untuk banyak orang karena merupakan organ tubuh yang penting untuk aktivitas sehari hari. Semakin tua umur bisa menjadi faktor turunnya fungsi penglihatan sehingga cara berobat mata dengan BPJS menjadi pilihan karena jauh lebih hemat.

Kamu bisa melakukan CARA PINDAH FASKES BPJS KESEHATAN ONLINE ke klinik, optik ataupun rumah sakit spesialis mata. Ketika berobat mata kalian harus menjalani tes dari dokter spesialis mata untuk mengetahui gangguan apa yang dialami.

Advertisements

Secara langsung pemeriksaan juga mencakup jarak pandang, fokus dari penglihatan maupun kondisi mata. Dari tes inilah kalian dapat mengetahui jika terkena rabun ataupun silinder. Untuk mengetahui cara berobat mata memakai fasilitas BPJS silahkan simak ulasan dari Pakaibpjs.com berikut ini.

Jenis Pengobatan Mata yang Ditanggung BPJS

Pengobatan Mata yang Ditanggung BPJS

BPJS akan menanggung beberapa jenis pengobatan mata mulai dari rabun dekat, rabun, jauh, silinder, klaim kacamata, dan juga tindakan. Berobat mata dengan BPJS biayanya akan ditanggung secara umum maupun pada fasilitas kesehatan tingkat lanjut apabila membutuhkan tindakan bedah ataupun non bedah.

Peserta cukup menyiapkan semua persyaratan untuk bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis. Jadi sebelum kalian melakukan cara berobat mata dengan BPJS alangkah baiknya simak jenis pengobatan yang ditanggung seperti dibawah ini.

Baca  Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat SMS Banking BNI

Miopi

Miopi atau rabun jauh merupakan gangguan penglihatan karena kelaian refraksi mata dimana menyebabkan kabur saat melihat benda berjarak jauh. Sering juga disebut minus dimana dapat terjadi pada anak anak hingga orang dewasa.

Hipermetropi

Hipermetropi atau rabun dekat) merupakan gangguan penglihatan ketika melihat benda yang jaraknya dekat. Biasanya terjadi karena bentuk lensa mata yang tak normal, sering juga disebut plus dimana ketajaman indra penghlihat jadi jauh menurun.

Astigmatisme

Sering juga disebut silinder karena gangguan lengkungan kornea mata sehingga menyebabkan pandangan tidak jelas baik dekat maupun jauh. Secara langsung penderita kelainan mata ini akan kesulitan terutama ketika memandang garis lurus.

Klaim Kacamata BPJS

Selain berobat mata dengan BPJS, peserta juga dapat klaim kacamata sesuai dengan ketentuan berlaku. Termasuk kedalam penanganan tingat lanjut karena membutuhkan resep khusus dari dokter spesialis mata berdasarkan lensa yang diberikan.

Tindakan Operasi

Ketika berobat mata namun terdapat gejala yang cenderung para maka peserta BPJS dapat memperoleh penanganan tingkat lanjut. Doket spesialis mata dapat menganjurkan untuk melakukan operasi lasik atau katarak demi kesehatan peserta.

Syarat Berobat Mata dengan BPJS

Syarat Berobat Mata dengan BPJS

Untuk cara berobat menggunakan BPJS akan membutuhkan persyaratan yang wajib dipenuhi oleh pesertanya. Setiap faskes kurang lebih mewajibkan kalian untuk menyerahkan beberapa jenis dokumen seperti dibawah ini.

  • Kartu BPJS asli.
  • KTP.
  • Kartu keluarga.
  • Surat rujukan Faskes asli dan fotocopynya.
  • Surat rujukan online BPJS.

Cara Berobat Mata dengan BPJS

Advertisements

Berobat mata dapat dilakukan pada fasilitas kesehatan sesuai dengan kepesertaan kalian. Apabila BPJS kelas 1 maka dimulai dari faskes tingkat 1, namun peserta dapat mengajukan rujukan langsung ke faskes tingkat berikutnya utnuk mendapatkan layanan lebih maksimal.

  1. Silahkan kalian kunjungi Fasilitas Kesehatan Tingkat I bisa puskesmas, dokter prakter ataupun klinik pratama sesuai kepesertaan yang terdaftar.
  2. Lakukan registrasi untuk berobat mata meemakai persyaratan yang dibawa kemudian tunggu sampai antrian dipanggil.
  3. Saat dipanggil kunjungi bagian spesialis mata kemudian dilakukan pemeriksaan.
  4. Setelah pemeriksaan kamu akan mendapatkan saran, resep obat ataupun klaim kacamata sesuai dengan ketentuan BPJS.
  5. Apabila faskes tingkat 1 tidak mampu menangani kondisi kamu maka minta untuk membuatkan surat rujukan ke dokter spesialis mata, rumah sakit ataupun poliklinik.
  6. Setelah itu pergi ke faskes mata sesuai rujukan yang berlaku.
  7. Ambil antrian, setelah dipanggil maka dokter spesialis akan memberikan pengobatan.
Baca  Cara Daftar BPJS Kesehatan Bayi Baru Lahir Online

Akhir Kata

Ketika harus menebus resep kamu bisa mencoba CARA BELI OBAT DI APOTEK ONLINE BPJS dimana lebih cepat dan mudah dilakukan. Semoga dengan cara berobat mata memakai BPJS dapat jadi gambaran ketika kamu ingin memeriksakan kesehatan secara rutin.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *