Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Biaya Kemoterapi BPJS

2 min read

Biaya Kemoterapi BPJS
Advertisements

Biaya Kemoterapi BPJS – Kanker adalah salah satu penyakit yang jadi pemicu angka kematian tertinggi didunia sehingga wajib untuk diwaspadai. Pasien yang terkena kanker ada peluang untuk sehat melalui penanganan intensif misalnya kemoterapi.

Sebagian orang mengganggap biaya kemoterapi di rumah sakit mahal sehingga tidak mengambilnya, padahal sebenarnya menggunakan BPJS akan mengurangi beban pengeluaran. Sama seperti BIAYA KURET BPJS dimana bisa gratis apabila memenuhi semua persyaratannya.

Pada dasarnya banyak penderita kanker kesulitan untuk membayar biaya pengobatan dimana membuat penyakitnya semakin ganas bahkan beresiko kematian. Oleh karena itu dengan mengetahui biaya kemoterapi BPJS kita bisa merencanakan keuangan.

Advertisements

Kanker memang membutuhkan penyembuhan bertahap dan bisa jadi memakan waktu cukup lama sampai pasien bebas dari penyakitnya. Jadi sebagai gambaran kali ini Pakaibpjs.com akan memberikan gambaran biaya kemoterapi dan persyaratannya berikut.

Syarat Kemoterapi BPJS

berapa kali kemoterapi yang ditanggung bpjs

BPJS akan menanggung biaya kemoterapi dengan jenis layanan standar dan juga radioterapi. Pada dasarnya menggunakan obat kimia untuk memperlambat sel kanker membelah diri dan juga sinar radiasi guna menghancurkan jaringannya.

Bisa dikatakan biaya kemoterapi apabila tidak memakai jaminan asuransi akan sangat mahal. Agar mendapatkan layanan kemoterapis secara gratis sesuai dengan program dari BPJS Kesehatan maka kalian wajib memenuhi persyaratan seperti dibawah ini.

  • Surat rujukan asli lalu difotocopy sebanyak 1 lembar.
  • Kartu BPJS Kesehatan difotocopy 1 lembar.
  • KTP asli kemudian dicopy 1lembar.
  • Kartu berobat pada rumah sakit disalin 1lembar.
  • Salinan jadwal protokol kemoterapi dan radioterapi.
Baca  BPJS Kesehatan Banjarnegara

Biaya Kemoterapi BPJS

biaya kemoterapi di rumah sakit

Pastinya ketika menggunakan BPJS Kesehatan biaya kemoterapi akan digratiskan selama peserta menjalani perawat mulai dari fakses tingkat pertama hingga rujukan. Selain itu pasien juga berhak memperoleh tindakan apabila diperlukan.

Dari pengalaman kemoterapi BPJS banyak orang, lebih baik mengajukan menggunakan persyaratan lengkap supaya biaya bisa gratis. Sebagai gambaran berikut ini beberapa jenis biaya kemoterapi BPJS yang ada pada berbagai fasilitas kesehatan.

1. Biaya Pendaftaran

Pertama adalah biaya pendaftaran ketika peserta pertama kali akan melakukan kemoterapi. Biasanya biaya daftar mulai dari Rp.25.000 hingga Rp.50.000, mahal ataupun tidaknya akan bergantung kepada kebijakan fasilitas kesehatan yang menyediakan pengobatan kemoterapi.

2. Biaya Kartu Pasien

Ketika sudah mendaftar maka peserta diwajibkan membuat kartu pasien supaya memudahkan dalam pengobatan dan penanganan. Untuk membuat kartu pasien biasanya dikenakan biaya sebesar Rp.25.000 hingga Rp.50.000 sesuai kebijakan faskes.

3. Konsultasi Dokter Spesialis

Kemudian setelah itu ada biaya untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis supaya penanganan lebih maksimal. Memang untuk biaya konsultasinya akan berbeda beda, namun jika diambil minimalnya adalah sebesar Rp.200.000.

4. Tes Darah

Pasien juga wajib melakukan tes darah supaya sesuai dengan pengobatan dan juga dosis yang akan diberikan. Umumnya tes darah ini memakan biaya diatas Rp.1.000.0000 dimana termasuk yang paling mahal diantara biaya lainnya.

5. Biaya USG

Apabila ada sel upnormal setelah konsultasi dengan dokter spesialis maka akan dilakukan USG. Kemudian untuk biaya USG saat ini minimalnya mulai Rp.400.000 dalam sekali pemeriksaan.

6. Biaya Screening

Screening mungkin dilakukan saat ada kelainan setelah USG dimana pemeriksaan dilanjutkan lebih intensif. Jenis screening yang sering digunakan meliputi CT scan ataupun MRI dimana biayanya bervariasi.

Baca  Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat M-Banking BSM

7. Rawat Inap

Selanjutnya adalah biaya rawat inap ketika melakukan kemoterapi dimana ada perawatan intensif antara 1 hingga 3 hari. Bisa dikatakan biaya kelas paling rendah mulai Rp.400.000 dan akan bertambah berdasarkan jenis ruangannya.

8. ICU/ PICU

Apabila pasien kemoterapi kondisinya menjadi buruk maka akan dilarikan ke ICU dimana ada biaya tambahan. Memang setiap rumah sakit menerapkan biaya berbeda beda, umumnya menyentuh angka 5 jutaan.

9. Biaya Obat

Terdapat pula biaya obat yang harus dikeluarkan saat perawatan. Pasien harus menebus resep obat sesuai dengan rekomendasi dokter, tak jarang untuk beberapa jenis obat tertentu bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan.

10. Biaya Kemoterapi di Rumah Sakit

Apabila biaya kemoterapi tanpa BPJS maka pasien harus membayar minimal Rp.800.000 bahkan sampai puluhan juta bergantung kepada tingkatan penyakit kanker. Namun apabila menggunakan BPJS maka semuanya akan digratiskan sesuai program dari pemerintah.

11. Biaya Lain Lain

Selain biaya kemoterapi terdapat biaya lain lain yang wajib diperhatikan misalnya akomodasi, transportasi atau bahkan konsumsi untuk keluarga yang menunggu. Selain itu terdapat biaya yang tidak masuk kedalam hitungan BPJS misalnya resep obat apabila berbeda jenisnya.

Akhir Kata

Tak hanya kemoterapi, CARA BEROBAT MATA DENGAN BPJS juga digratiskan sehingga mampu meringankan beban masyarakat Indonesia. Semoga informasi mengenai biaya kemoterapi BPJS diatas dapat menjadi gambaran dan juga referensi untuk kalian.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *