Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat SMS Banking BNI

3 min read

Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan Lewat Aplikasi HP Android
Advertisements

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat SMS Banking BNI – Membayarkan iuran atau tagihan BPJS Kesehatan adalah salah satu kewajiban setiap peserta yang sudah bergabung dengan program jaminan kesehatan tersebut. Itulah sebabnya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari BPJS Kesehatan, maka peserta diwajibkan sebagaimana peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak BPJS Kesehatan.

Secara umum, pemerintahan Indonesia telah memberikan kemudahan dalam urusan peserta saat membayar tagihan BPJS Kesehatan, melalui kantor pos, ATM, Indomart, Alfamart dan lainnya. Tetapi, dengan seiring berjalannya waktu, pemerintah mulai mengembangakan hal tersebut dengan cara bekerja sama dengan banyak perbankan.

Karena, dengan begitu peserta BPJS Kesehatan dapat lebih mudah untuk memenuhi kewajiban kepesertaannya dalam membayarkan iurasn setiap bulannya. Jika pembayaran iuran wajib BPJS Kesehatan ini dilakukan dengan media online, maka tidak ada lagi ucapan peserta yang malas untuk mengantre.

Advertisements

Selain itu, pemerintah juga terus memudahkan peserta layanan kesehatan seperti BPJS ini dengan cara menyediakan layanan SMS Banking atau Mobile Banking. Dengan BNI SMS Banking ini, maka akan lebih memudahkan pelayanan ataupun pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat SMS Banking BNI

Walaupun sudah banyak sekali Nasabah Bank yang juga sudah bekerjasama dengan pihak BPJS Kesehatan. Namun, jarang sekali peserta melakukan pembayaran premi asuransi melalui sistem online seperti SMS Banking ataupun via Internet Banking.

Banyak peserta beranggapan, walaupun sudah menjadi Nasabah Bank, tetapi mereka sulit untuk memanfaatkan fitur pembayaran melalui SMS. Padahal kebailikannya, dengan menggunakan sebuah ponsel pribadi, maka kalian tidak perlu lagi untuk pergi menunju kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk melakukan pembayaran tagihan bulanan.

Hanya dengan mengetik beberapa perintah dan lakukan pembayaran maka akan diproses dengan capat, bahkan dalam hitungan detik. Untuk melakukan pembayaran iuran atau tagihan BPJS Kesehatan melalui SMS Banking hal yang perlu diperhatikan adalah :

Kalian bisa memastikan terlebih dahulu bahwa nomor telephone yang kalian gunakan telah terdaftar dalam layanan SMS Banking BNI. Kemudian, siapkan pula nomor virtual account BNI yang sudah diberikan oleh petugas BPJS pada saat kalian mengaktifkan kartu tersebut.

Proses Pembayaran BPJS Kesehatan via SMS Banking BNI

Proses Pembayaran BPJS Kesehatan via SMS Banking BNI 12

Bagi kalian Nasabah Bank BNI yang pastinya sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan dan sangat menginginkan setiap saat melakukan transaksi pembayaran asuransi kesehatan hanya dengan menggunakan ponsel pribadi saja, maka kalian bisa langsung simak caranya seperti di bawah ini.

  1. Pertama kalian bisa memastikan terlebih dahulu jika nomor ponsel yang kalian gunakan harus sudah terdaftar dan diregistrasi oleh pihak Bank BNI. Jika belum pernah melakukan SMS banking, silahkan kalian bisa langsung datangi kantor Bank BNI dan meminta untuk mengaktifkan nomor kartu kalian. Hak tersebut berguna untuk dapat menggunakan kartu tersebut untuk melakukan layanan SMS Banking BNI di kemudian hari.
  2. Jika kalian sudah yakin dan memastikan bahwa nomor telephone kalian sudah terdaftar, maka kalian sudah bisa mengakses atau melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Hanya dengan masuk ke menu SMS, ketik : PAY(spasi)BPJSKES(spasi)NomoeID BPJS(spasi)Jumlah Bulan Pembayaran.
  3. Catatan : Jika kalian melihat nomor Kartu BPJS yang diubah bagian depanya menjadi 5 angka 8 tidak apaapa. Mengapa begitu? Karena memang sudah dikhususkan untuk format pembayaran yang dilakukan secara onilne Bank BNI seperti halnya di ATM, Internet Banking, dan jug SMS Banking DUA ANGKA NOL (0) paling depan sendiri diubah menjadi angka 8 berjumlah 5 digit.
  4. Sesudah kalian mengetikan format, maka kalian bisa mengirimkan ke nomor SMS Banking BNI yaitu 3346. Lalu kalian bisa langusng mengirimkan pesen tersebut.
  5. Kalian nantinya akan mendapatkan SMS Notifikasi yang menyatakan bahwa sudah berhasil dibayar. Tekan saja tombol OK, karena memang untuk melakukan transaksi pembayaran melalui SMS Banking ini akan dikenakan biaya sebesar Rp 500, untuk 1 kali kalian melakukan SMS.
  6. Tunggu sampai ada balasan yang terkirim ke nomor kalian dari pihak Bank BNI. Isi pesan itu berisi berupa keterangan detail atas nama siapa nomor kartu tersebut, jumlah total pembayaran beserta jumlah peserta BPJS yang ada di dalam anggota keluarga. Lalu, kalian bisa mengetik 2 PIN BNI kalian sesuai yang telah diperintahkan di layar HP kalian.
  7. Sesudah memaukan 2 PIN tersebut, maka kalian bisa kirimkan kembali ke Nomor 3346 dan tunggu dampai kalian mendapatan balasan transaksi sukses atau tidak.
  8. Jika transaksi pembayaran BPJS Kesehatan sudah dilakukan dan berhasil, makan akan ada detail pembayaran dan nomor refrensi transaksi yang dikirimkan oleh pihak Bank BNI.

Apabila kalian sering lupa untuk mengingat kode dan format dari SMS, maka kalian bisa menginstal Aplikasi SMS Bankng BNI di ponsel android. Dengan menggunakan Aplikasi tersebut nantinya akan ada tampilan berupa pencarian apa yang akan kalian transaksikan akan dengan mudah kalian lakukan.

Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan Lewat Aplikasi Android

Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan Lewat Aplikasi HP Android

Bagaimana cara penggunaan aplikasi SMS Banking BNI, yaitu untuk melakukan pembayaran premi BPJS Kesehatan? Kalian bisa langsung simak langkah-langkahnya seperti berikut ini.

  1. Kalian bisa install terlebih dahulu aplikasi SMS Banking BNI di ponsel android kalian, dapatkan aplikasi tersebut di Playstore.
  2. Jika aplikasi tersebut sudah berhasil kalian unduh, maka jalankan dan silahkan pilih menu “pembayaran”.
  3. Setelah itu, kalian pilih opsi “Asuransi”.
  4. Masukan kode peserta dengan mengubah 2 digit nomor depan dengan angka 8 brjumlah 5 digit.
  5. Masukkan juga jumlag bulan yang akan kalian bayar tagihanya. Lalu klik “proses”.
  6. Nantinya akan ada pemberitahuan yang muncul di layar hp kalian mengenai perpindahan aplikasi perpesanan, klik saja “Ok” dan tampilan layar akan berubah menuju format si menu SMS persis seperti apa yang sudah kami jelaskan diatas.

FAQ

Bagaimana Cara SMS Banking BNI?

1. Masukan Kartu ATM dan PIN kalian.
2. Pilihlah registrasi e-Channel.
3. Lalu pilih BNI SMS Banking.
4. Masukkan nomor telephone yang kalian gunakan.
5. Buat PIN sebanyak 6 digit untuk BNI SMS Banking.
6. Masukkan pula kode OTP.
7. Nantinya akan keluar struk dari mesin ATM sebagai bukti registrasi.

Bagaimana Cara Cek Saldo BNI lewat SMS?

Layanan atau fitur yang terdapat di dalam SMS Banking ini bisa dilakukan dengan mengirimkan SMS ke 3346 dengan format seperti di bawah ini :
1. SAL untuk mengecek jumlah saldo.
2. HST untuk mutasi nomor rekening.
3. TRF (spasi) nominal transfer untuk melakukan transfer antar rekeneing BNI.

BNI SMS Banking Kena Pulsa Berapa?

Setiap transaksi ataupun pengiriman pesan ke SMS Banking BNI akan dikenakan tarif murah, yaitu sekitar Rp 500 per transaksi (Rp 250 x 2).

Akhir Kata

Pada intinya jenis pembayaran melalui SMS Banking BNI akan sangat memudahkan pesertanya untuk membayarkan tagihan perbulannya. Demikian informasi yang dapat pakaibpjs.com sajikan mengenai cara bayar BPJS Kesehatan lewat SMS Banking BNI. Semoga dengan adanya artikel ini akan membantu peserta untuk melakukan kewajiban bayar iuran setiap bulannya. Terimakasih dan semoga bermanfaat

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *