Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat M Banking BNI

2 min read

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat M Banking BNI
Advertisements

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat M Banking BNI – Nasabah Bank BNI kini bisa melakukan pembayaran iuran wajib BPJS Kesehatan melalui beberapa pelayanan seperti meggunakan Aplikasi ataupun langung lewat mesin ATM. Salah satu layanan untuk melakukan transaksi pembayaran adalah menggunakan aplikasi M-Banking BNI.

Cara pembayaran menggunakan sebuah aplikasi ini bisa dibilang dapat memudahkan peserta untuk membayarkan iuran wajibnya. Oleh karena itu, kalian para peserta BPJS Kesehatan untuk tidak melanggar hari untuk melakukan pembayaran iuran wajib setiap bulannya.

Keterlambatan membayar asuransi kesehatan BPJS ini akan menyebabkan layanan ditangguhkan. Berbagai metode pembayaran kini semakin dikembangkan dan diberikan kepada seluruh peserta BPJS Kesehatan.

Advertisements

Peserta diwajibakan membayar tagihan BPJS Kesehatan sesuai dengan kelas kepsertaan yang dipilih sewaktu melakukan pendaftaran. Kemudian, pembayaran juga harus dilakukan secara rutin pada saat sebelum tanggal 10.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat M Banking BNI

Jika pembayaran iuran BPJS Kesehatan ini dilakukan melebihi batas waktu yang sudah ditetapkan. Maka peserta akan dikenakan sanksi ataupun denda sebesar 2 persen dari pelayanan fasilitas kesehatan yang peserta gunakan.

Ketika kalian akan membayarakan iuran BPJS Kesehatan dan tidak tahu caranya, kalian bisa simak langkah-langkah beserta syarat dan ketentuan berikut ini.

Bayar Tagihan BPJS Kesehatan via M Banking BNI

Bayar Tagihan BPJS Kesehatan via M Banking BNI

Adapun cara untuk melakukan transaksi pembayaran iuran BPJS Kesehatan melaui aplikasi M Banking BNI. Kalian bisa simak selengkapnya di bawah ini.

Daftar Terlebih Dahulu di Kantor Cabang Bank BNI

Daftar Terlebih Dahulu ke Kantor Cabang BNI

Kalian bisa download aplikasi M Banking BNI terlebih dahulu, dan masuk ke aplikasi. Pastinya kalian tidak bisa melakukan transaksi dengan menggunakan aplikasi tersebut, sebelum kalian melakukan pendaftaran M Banking BNI.

Jika kalian ingin menggunakan aplikasi tersebut, kalian bisa daftarkan langsung ke cabang Bank BNI terdekat. Dan gunakan nomor hp kalian yang masih aktif digunakan.

Silahkan kalian datangi kantor cabang Bank BNI terdekat, dan daftarkan nomor kalian untuk menjadi pengguna aplikasi M Banking BNI. Tidak luoa untuk membawa kartu identitas diri, buku tabungan dan juga jartu ATM BNI.

Jika nomor kalian sudah terdaftar, maka kalian sudah bisa menguduh aplikasi M Banking BNI di Playstore. Setelah itu, kalian bisa langsung login dengan kode yang sudah diberikan oleh petugas sewaktu melakukan pendaftaran.

Prosedur Pembayaran BPJS Kesehatan Lewat M Bangking BNI

Prosedur Pembayaran BPJS Kesehata Lewat Mobile Banking BNI
Advertisements

Setelah kalian berhasil mendaftarkan nomor hp dan sudah bisa masuk ke aplikasi M Banking BNI, maka kalian sudah dapat melakukan transaksi melalui aplikasi tersebut. Silahkan simak baik-baik cara pembayaran iuran BPJS Kesehatan lewat M Banking BNI seperti berikut ini.

  1. Setelah kalian melakukan aktifasi, silahkan kalian “Login“.
  2. Silahkan kalian pilih menu “Pembayaran“.
  3. Kemudian pilih opsi “Asuransi“.
  4. Nantinya akan ada 4 pilihan yaitu BNI Life, Prudential, BPJS Kesehatan, dan BPJS Ketenagakerjaan.
  5. Silahkan kalian pilih “BPJS Kesehatan“.
  6. Masukan nomor Virtual Account yang ada di BPJS Kesehatan kalian. Dengan cara kalian ubah dua nomor VA paling depan dan ganti dengan 88888. Contohnya : Jika nomor kartu BPJS Kesehatan kalian 000123233242, maka akan diubah menjadi 888880123233242.
  7. Masukan jumlah bulan tagihan yang akan kalian bayar.
  8. Masukan pula password transaksi yang sudah kalian buat saat mendaftarkan nomor hp saat registrasi M Banking BNI. Lalu klik tombol “Lanjut“.
  9. Setelah itu, nantinya akan ada pemberitahuan yang menerangkan bahwa transaksi pembayaran sudah berhasil dilakukan, dan simpanlah sebagai bukti transaksi.

Itulah langkah-langkah pembayaran BPJS Kesehatan yang dapat kalian lakukan di aplikasi M Banking BNI. Untuk memastikan kembali pembayaran sudah dilakukan, kalian bisa langsung cek di aplikasi JKN Mobile atau Cek tagihan BPJS secara Online melalui website resmi BPJS Kesehatan yaitu di https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/.

FAQ

Bagaimana Cara Membuat M Banking BNI?

Cara mendaftar M-Banking BNI adalah :
1. Pastikan kalian memiliki rekening BNI yang masih aktif digunakan.
2. Siapkan pula KTP, ATM, dan buku tabungan BNI.
3. Silahkan datangi kantor cabang Bank BNI terdekat.
4. Unduh Aplikasi M-Banking BNI di Google Playstore.
5. Masukan user ID, (diberi saat registrasi).
6. Masukan nomor kartu debit BNI kalian.
7. Silahkan kirim SMS OTP.
8. Buatlah MPIN.

Apakah Aktivasi Mobile Banking BNI Harus Ke Bank?

Kalian hanya perlu lakukan aktivasi dengan memasukan user ID dan password saat registrasi. Jika kalian ingin lebih aman, maka silahkan datangi kantor cabang bank BNI terdekat. Namun, untuk saat ini kalian tidak perlu lagi datang ke kantor cabang BNI, untuk melakukan aktivasi Mobile Banking BNI.

Bagaimana Jika M Banking BNI Terblokir?

Kalian bisa buka aplikasi M-Banking BNI yang telah terpasang di ponsel kalian. Lalu klik “Lupa Password” yang ada di bagian bawah kotak Login. Kalian bisa memasukan User ID, Nomor Kartu Debit BNI, dan juga Negara atau tempat tinggal kalian.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat pakaibpjs.com sajikan mengenai cara bayar BPJS Kesehatan lewat M Banking BNI. Lengkap dengan cara mendaftarkan nomor hp seluler ke M Banking BNI, beserta langkah-langkah pembayaran via ATM BNI. Terimakasih dan semoga bermanfaat

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *