Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM Mandiri Syariah

2 min read

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM Mandiri Syariah
Advertisements

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM Mandiri Syariah – Saat ini pembayaran tagihan fasilitas kesehatan BPJS kesehatan dapat dilakukan melalui Bank Syariah Mandiri. Layayan kerja sama yang tersedia dengan ditandatangani oleh kedua pihak BPJS Kesehatan dan BSM.

Direktur utama BSM yang mendandatangani surat bukti kerja sama tersebut, yang bernama Bpk. Toni E.B Subari. Tidak hanya beliau, Direktur utama keuangan dan investasi BPJS Kesehatan yaitu Bpk. Kemal Imam Santoso.

SCCF atau iB-SF yaitu merupakan pendukung penyediaan finansial untuk mempercepat arus kas (likuiditas). Serta, perputaran modal fasilitas kesehatan mitra BPJS kesehatan.

Advertisements

Sehingga, pembayaran klaim pada pelayanan kesehatan BPJS Kesehatan dapat dilakukan dengan lebih cepat. Karena, SFC ini ditujukan untuk semua faskes, baik fasilitas tingkat pertama (FKTP) ataupun tingkat lanjutan (FKRTL).

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM Mandiri Syariah

Diharapakan dari pihak SFC ini agar mampu mendorong atau meningkatkan kualitas pelayanan bagi para peserta JKN-KIS. BSM juga telah bekerja sama dengan beberapa faskes lainnya seperti Puskesmas, Rumah Sakit, Klinik Kesehatan, dan juga Lembaga Pendidikan Kesehatan.

Pastinya setiap peserta BPJS Kesehatan akan dikenakan iuran pembayaran setiap bulannya, dengan nominal yang telah disesuaikan dengan kelas yang mereka pilih. Peserta tidak usah lagi malas untuk membayarkan iuran, karena hanya dengan sebuah aplikasi BSM ataupun dengan mendatangi ATM Mandiri Syariah. Pembayaran dapat dilakukan dengan mudah, cepat, dan aman.

Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan Lewat ATM

Cara Bayar BPJS Kesehatan di ATM Mandiri Syariah

Terkait dengan pembayaran iuran BPJS Kesehatan yang dapat dilakukan melalui ATM ini sebenarnya sudah sangat beragam. Namun, saat ini kami akan menjelaskan informasi hanya mengenai pembayaran BPJS via ATM Mandiri Syariah.

Perhatikan Waktu Pembayaran Iuran

Perhatikan Waktu Pembayaran

Perlu kalian ketahui, bahwa pembayaran BPJS Kesehatan ini harus kalian lakukan dengan teratur dan tepat waktu. Pembayaran iuran BPJS tersebut dilakukan paling lambat pada tanggal 10 di setiap bulannya.

Jika kalian membayarkan iuran melebihi tanggal yang sudah ditentukan tersebut, maka kalian akan dikenakan sanksi sebesar 2 persen. Oleh karena itu, sebisa mungkin kalian membayarkan iuran BPJS ini dengan tepat waktu.

Perhatikan Nominal Pembayaran

Perhatikan Nominal uang
Advertisements

Perhatikan pula nominal angkat sesuai dengan pembayaran yang harus kalian keluarkan untuk melakukan iuran BPJS. Jangan sampai kalian mendatangi ATM dengan kondisi saldo rekening kosong, pastinya tidak akan bisa membayar iuran BPJS Kesehatan.

Nominal pembayaran yang harus kalian bayar yaitu tergantung dari kelas yang kalian pilih pada saat mendaftar sebelumnya. Jika kalian mendaftar dan memilih kelas I maka kalian diwajibkan untuk membayar sekitar Rp 59.500 untuk perbulannya. Jika memilih kelas II, maka kalian harus membayar sekitar Rp 42.500. Sedangkan, untuk peserta yang memilih kelas III, maka diharuskan membayarkan iuran sebesar Rp 25.500 saja perbulannya.

Cara Pembayaran BPJS Kesehatan via ATM

Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan Melalui ATM Mandiri

Setelah kalian sudah membaca artikel diatas dan sudah paham, maka saatnya kalian untuk langsung mempraktekan bagaimana cara pembayaran BPJS Kesehatan via ATM Mandiri Syariah. Pada umumnya pembayaran iuran BPJS Kesehatan ini membutuhkan kode seperti 89888. Kemudian, dibelakang kode tersebut adalah tempat untuk meletakan nomor virtuak account BPJS Kesehatan kalian.

Pastikan terlebih dahulu nomor tersebut sudah benar, dan jika sudah benar maka lanjutkan kembali proses bayar BPJS Kesehatan kalian. Selajutnya adalah langkah-langkah yang dapat kalian lakukan pada saat melakukan pembayaran di ATM Mandiri Syraiah adalah seperti berikut ini.

Bayar Melalui ATM Mandiri Syariah

Mandiri Syariah 1

Untuk membayarkan tagihan atau iuran BPJS Kesehatan melalui ATM Bank Mandiri Syariah, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Siapkan terlebih dahulu kartu ATM Bank Mandiri Syariah kalian.
  • Masukan Kartu ATM kalian ke mesin ATM.
  • Pilih Bahasa dan diikuti PIN ATM kalian.
  • Selanjutnya kalian bisa pilih “BAYAR atau BELI”.
  • Kemudian, pilih menu “Lainnya”
  • Lanjutkan dengan klik menu “BPJS”.
  • Pilih BPJS Kesehatan.
  • Pilih “Mandiri” jika ingin membayarkan diri sendiri, atau “Individu” untuk membayar iuran karyawan.
  • Masukan kode 8988, diikuti Virtual Account dengan benar.
  • Tentukan jumlah bulan yang akan dibayar, lalu tekan “Benar”.
  • Setelah muncul konfirmasi pembayaran pada layar ATM, ketikan angka 1 terlebih dahulu sebelum tekan “Ya”.
  • Jika sudah berhasil, maka pembayaran BPJS Kesehatan via ATM Mandiri Syariah sudah selesai.

Diatas ini adalah cara atau langkah yang bisa kalian ikuti untuk membayarkan iuran BPJS Kesehatan via ATM Mandiri Syariah. Pada dasarnya, pelayanan ini dibuat untuk memudahkan para peserta membayarkan iuran bulanan dan memperkecil resiko menunggak.

FAQ

Berapakah Biaya Tarik Tunai di ATM Mandiri?

Nominal penarikan : Rp 100.000. Biaya Administrasi : Rp 4.000.

Berapa Potongan ATM Mandiri Syariah Per-Bulan?

Biaya administrasi Rp. 2000 perbulan, atau sebesar bonus bulana dan tidak memotong saldo pokok.

Kenapa Memilih Bayar BPJS Kesehatan Melalui ATM Mandiri Syariah?

Karena, pelayanan

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat pakaibpjs.com sajikan mengenai cara bayar BPJS Kesehatan lewat ATM Mandiri Syariah. Semoga dengan kalian membaca artikel ini, membuat kalian lebih paham dan tidak ragu untuk mendatangi ATM untuk membayarkan iuran BPJS Kesehatan dengan mudah dan cepat. Terimakasih dan semoga bermanfaat

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *