Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Apa Itu Lupis BPJS Kesehatan : Pengertian & Manfaat

Apa Itu Lupis BPJS Kesehatan

Apa Itu Lupis BPJS Kesehatan – Seperti diketahui bahwa setiap Warga Negara Indonesia (WNI) wajib menjadi peserta BPJS Kesehatan, nantinya setiap peserta dapat memilih kelas telah tersedia yakni kelas 1, Kelas 2 dan Kelas 3 dimana masing masing memiliki perbedaan iuran yang dikenakan. Meskipun memiliki perbedaan iuran namun mengenai pembayaran memiliki cara sama persis, tinggal sesuaikan saja dengan yang dimiliki.

Untuk memberikan layanan terbaik terhadap setiap peserta ataupun rekan yang sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, pihaknya terus berupaya menghadirkan inovasi terbaru dan salah satunya adalah Lupis BPJS Kesehatan. Ada banyak pihak memang belum mengetahui apa itu Lupis BPJS Kesehatan mulai dari manfaatnya apa saja, cara menggunakan serta masih banyak lagi lainnya jadi disini kami hendak informasikan itu semua.

Sebetulnya tidak jauh berbeda dengan PCare, HFIS, JMO serta beberapa fitur penunjang lainnya yang sudah pihak BPJS Kesehatan keluarkan dan itu perlu kalian ketahui masing masing sehingga tidak bingung ketika membutuhkannya. Jadi intinya Lupis BPJS Kesehatan sebuah layanan pendukung untuk mengetahui data sudah masuk ke pihak Rumah Sakit, adanya aplikasi tersebut tentu lebih memudahkan pihak RS nantinya mulai dari jumlah pasien masuk berapa banyak, paket sudah digunakan, obat obatan, alat kesehatan dan masih banyak lagi lainnya.

Dikarenakan banyak belum begitu paham dengan Lupis BPJS Kesehatan, untuk itu pada pertemuan sangat baik ini kami akan jelaskan secara detail mulai dari apa saja manfaat serta cara menggunakan seperti apa. Baiklah tanpa perlu banyak bicara lagi sebaiknya langsung simak ulasan dari Pakaibpjs.com mengenai apa itu Lupis BPJS Kesehatan disertai dengan pengertian, manfaat serta cara menggunakan yang sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

Baca  Tidak Bisa Pindah Faskes BPJS Mandiri Ke PBI ? Begini Cara Mengatasi

Apa Itu Lupis BPJS Kesehatan

Sesuai dengan judul diatas untuk mengawali pembahasan kali ini terlebih dahulu informasikan kepada kalian semua mengenai apa itu Lupis BPJS Kesehatan, karena ini memang yang paling dicari tahu banyak pembaca. Singkatnya Lupis BPJS Kesehatan adalah sebuah aplikasi dimana memudahkan bagi setiap Rumah Sakit untuk input data atau merekam data tagihan klaim memang tidak di tanggung oleh INA-CBG.

Dengan adanya hal tersebut tentu lebih memudahkan pihak rumah sakit ketika ada pasien masuk yang menggunakan BPJS, sehingga proses akan berjalan dengan lancar karena sudah mengetahui semua rekam data. Sebagai informasi tambahan buat kalian semua bahwa INA-CBG adalah singkatan dari (Indonesian Case-Based Groups) yang mana sebuah metode pembayaran BPJS untuk pelayanan kesehatan Faskes Lanjutan.

Perlu diketahui bahwa faskes yang dimaksud ialah Rumah Sakit Umum (RSU) dan swasta di mulai dari tipe A – D, beserta Rumah Sakit rujukan khusus. Saat ini, sistem INA-CBG (Indonesian Case-Based Groups) baru mengcover sistem rawat inap serta rawat jalan dimana terdiri beberapa kelompok kasus kesehatan.

Manfaat Lupis BPJS Kesehatan

Diatas juga sudah kami jelaskan kepada kalian semua bahwa ada cukup banyak manfaat di dapatkan, selain itu juga banyak beberapa alat kesehatan yang bisa di klaim. Jika ingin mengetahui lebih jelas dan detail silahkan simak langsung ulasan sebagai berikut.

Mengetahui Data Rekam

Manfaat pertama adalah setiap pihak rumah sakit dapat mengetahui data data yang sudah masuk seperti pembayaran, paket paket serta obat obatan yang sudah pernah di klaim. Dengan begitu pihak rumah sakit akan lebih mudah menindaklanjuti pasien tersebut.

Klaim Alat Kesehatan

Selain itu juga dapat melakukan klaim alat Kesehatan sesuai dengan apa dibutuhkan, namun tidak semua bisa dilakukan. Untuk mengetahui apa saja yang bisa di klaim, silahkan simak langsung ulasan sebagai berikut :

  • Kacamata
  • Protesta Gigi
  • Alat Gerak
  • Alat Bantu Dengar
  • Dan Beberapa Alat Kesehatan Lain
Baca  Berapa Lama Penangguhan Peserta BPJS? Begini Penjelasannya

Cara Menggunakan Lupis BPJS Kesehatan

Seperti sudah di janjikan dari awal penjelasan, pada pertemuan kali ini kami akan informasikan kepada kalian semua bagaimana cara menggunakan Lupis kepada kalian semua. Baiklah tanpa perlu berlama lama lagi langsung saja simak ulasan sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

  1. Karena ini aplikasi berbasis website maka bisa dibuka lewat perangkat komputer dengan mudah, silahkan kunjungi langsung situs resminya yakni lupis.bpjs-kesehatan.go.id.
  2. Setelah masuk ke halaman utama langsung saja login akun dengan cara memasukkan username dan password yang sebelumnya sudah di daftarkan, pastikan kalian tidak salah memasukkan.
  3. Ketika sudah berhasil login ke akun maka langkah berikutnya tinggal memasukkan data Lupis, langkah berikutnya tinggal isi beberapa data data yang dibutuhkan dapa pastikan kalian tidak sampai salah input data.
  4. Apabila semua sudah berhasil maka akan di proses semua data dalam bentuk file dengan formasi txt, untuk lebih lanjut silahkan ikuti saja perintah dari sistem.

Kesimpulan

Jika melihat dari penjelasan diatas maka dapat menarik kesimpulan bahwa layanan tersebut memang membantu bagi setiap pihak rumah sakit, selain itu lebih mudah memenuhi kebutuhan rumah sakit agar dapat menginput serta merekam data. Apakah sampai disini sudah paham dan jelas dengan layanan yang sudah diberikan dari pihak BPJS, kami rasa kalian paham karena ini memang mudah untuk dipahami dan di operasikan.

Nah seperti itulah tadi penjelasan lengkap mengenai apa itu Lupis BPJS Kesehatan disertai dengan manfaat, cara menggunakan dan alat kesehatan apa saja yang bisa di klaim dapat Pakaibpjs.com sampaikan. Semoga dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua orang atau pihak sedang membutuhkan pembahasan seperti tersebut.

Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.