Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Perbedaan Klinik Pratama dan Klinik Utama yang Wajib Diketahui!!

Perbedaan Klinik Pratama dan Klinik Utama

Perbedaan Klinik Pratama dan Klinik Utama – Klinik atau fasilitas pelayanan Kesehatan (Faskes) publik ini menyelenggarakan dan menyediakan pelayanan medis dasar atau spesialistik. Nah, nantinya sebuah klinik ini akan dipimpin oleh seorang tenaga medis dan penyelenggaraannya dilakukan oleh lebih dari satu jenis tenaga kesehatan.

Penting diketahui bahwasanya klinik memang bertujuan untuk menangani setiap pasien, akan tetapi hanya untuk penyakit ringan saja, dan klinik tidak bisa melayani pasien dengan penyakit kronis atau darurat. Bagi masyarakat yang mungkin mengalami penyakit yang tergolong ringan, mereka yang bisa langsung berobat ke klinik tersebut.

Jika ada pasien dengan penyakit yang gawat namun pergi ke klinik, biasanya pihak klinik akan langsung membuat surat rujukan untuk langsung di bawah ke rumah sakit umum setempat agar bisa mendapatkan pelayanan yang lebih insentif. Seperti diketahui mengenai klinik, menurut pelayanannya, klinik akan dibedakan menjadi 2 jenis, yakni balai kesehatan utama dan pratama.

Lalu apa yang membedakan antara klinik utama dan klinik pratama? Pada pertemuan kali ini, pakaibpjs.com akan memberikan informasi lengkap terkait perbedaan klinik utama dan pratama. Baiklah tanpa berlama-lama lagi, lebih baik langsung saja kita simak informasi terlengkap yang telah pakaibpjs.com siapkan berikut ini.

glowmurah
Perbedaan Klinik Pratama dan Klinik Utama

Pengertian Balai Kesehatan Pratama & Utama

Pada pembahasan awal disini kami akan menjelaskan lebih dulu mengenai pengertian daripada klinik. Klinik sendiri merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan yang menyediakan pelayanan medis dasar dan/atau spesialistik. Klinik diselenggarakan oleh lebih dari satu jenis tenaga kesehatan (perawat dan atau bidan) dan dipimpin oleh seorang tenaga medis (dokter, dokter spesialis, dokter gigi atau dokter gigi spesialis).

Baca  12 Asuransi Kesehatan Syariah Terbaik 2022 : Keunggulan & Cara Beli

Untuk membantu melakukan manajemen aktivitas klinik sebaiknya menggunakan software klinik terintegrasi, artinya fitur-fitur yang ada saling terhubung dari satu dengan lainnya. Setelah mengetahui pengertian daripada balai kesehatan, berikutnya kalian bisa simak pengertian mengenai balai kesehatan utama dan klinik pratama berikut ini.

1. Klinik Utama

Klinik Utama adalah klinik yang menyelenggarakan pelayanan medik spesialistik atau pelayanan medik dasar dan spesialis. Sifat pelayanan kesehatan yang diselenggarakan dapat berupa rawat jalan, one day care, rawat inap dan atau home care.

2. Klinik Pratama

Setelah mengetahui pengertian dari balai kesehatan utama, selanjutnya adalah balai kesehatan pratama. Klinik Pratama adalah klinik yang menyelenggarakan pelayanan khusus medik dasar.

Perbedaan Klinik Pratama dan Klinik Utama

Setelah mengetahui informasi diatas terkait pengertian daripada klinik, klinik utama dan juga pratama, selanjutnya kita akan masuk ke topik pembahasan inti mengenai perbedaan antara klinik utama dan klinik pratama. Untuk perbedaan diantaranya keduanya sebenarnya mudah diketahui, dimana perbedaan paling mencolok adalah pada pimpinannya. Lebih jelasnya kalian bisa simak berikut ini perbedaannya.

1. Balai Kesehatan Utama

  • Pimpinannya adalah seorang dokter atau dokter gigi.
  • Tenaga medis pada balai kesehatan Pratama minimal terdiri dari 2 (dua) orang dokter dan/atau dokter gigi.
KeteranganInformasi
Pelayanan MedisMedis Dasar
Pimpinan KlinikDokter atau Dokter Gigi
Pelayanan Klinik* Rawat Jalan
* Rawat Inap dengan syarat klinik berbentuk badan usaha
Tenaga MedisMinimal 2 orang dokter atau dokter gigi

Sebagai informasi tambahan, klinik utama bukan hanya menyediakan pelayanan rawat inap dan rawat jalan saja, namun ada juga beberapa jenis layanan lainnya seperti sebagai berikut:

  • Home Care : Layanan perawatan kesehatan di rumah dengan dilakukan secara mandiri yang masih berkesinambungan dan komprehensif dengan melibatkan pasien, keluarga pasien serta pemberi pelayanan.
  • One Day Care : Merupakan perawatan jangka waktu pendek/singkat selama 24 jam atau 1 hari.
  • Pelayanan 24 jam setiap/dalam 7 hari yang diberikan oleh balai kesehatan tersebut baik balai kesehatan pratama ataupun balai kesehatan utama.
Baca  √13 Cara Daftar KTA IBI Online Praktis: Syarat, Biaya, dan Cek 2022

2. Balai Kesehatan Pratama

  • Pimpinan Klinik Utama adalah dokter spesialis atau dokter gigi spesialis yang memiliki kompetensi sesuai dengan jenis kliniknya.
  • Tenaga medis pada Klinik Utama minimal terdiri dari 1 (satu) orang dokter spesialis dari masing-masing spesialisasi sesuai jenis pelayanan
  • yang diberikan.
  • Klinik Utama dapat mempekerjakan dokter dan/atau dokter gigi sebagai tenaga pelaksana pelayanan medis.
KeteranganInformasi
Pelayanan MedisMedis Dasar dan Spesialis
Pimpinan KlinikDokter Spesialis atau Dokter Gigi Spesialis
Pelayanan Klinik* Rawat Jalan
* Rawat Inap
Tenaga Medis1 orang dokter setiap masing-masing jenis pelayanan

Kesimpulan

Mengenai pembahasan diatas terkait perbedaan antara klinik pratama dan juga utama. Disini bisa disimpulkan bahwa setiap klinik tentu akan tersedia di beberapa wilayah, khususnya di desa maupun perkotaan. Nah, setiap jenis klinik tersebut melayani pelayanan medis baik untuk rawat inap dan rawat jalan. Perbedaan diantara kedua jenis klinik tersebut juga terdapat pada pimpinan daripada klinik tersebut.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai perbedaan klinik pratama dan klinik utama. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat pakaibpjs.com sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.