Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

12 Cara Tracking Klaim BPJS Ketenagakerjaan : Syarat & Ketentuan

Cara Tracking Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Cara Tracking Klaim BPJS Ketenagakerjaan – Bagi setiap pekerja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan akan mendapatkan jaminan di hari tua atau lebih dikenal dengan JHT BPJS Ketenagakerjaan, dimana untuk klaim JHT bisa dilakukan apabila sudah memenuhi syarat dan ketentuan berlaku. Pada pembahasan sebelumnya memang sempat kami sampaikan kepada kalian semua mengenai apa itu JHT, jadi pada pertemuan sangat baik ini kami rasa tidak perlu lagi untuk menjelaskan secara detail akan asuransi jaminan masa tua untuk setiap pekerja.

Seperti diketahui bahwa proses klaim JHT memang memiliki prosedur yang memakan waktu cukup lama sehingga setiap peserta diharuskan bersabar untuk menunggu proses pencairan dilakukan oleh pihak dari BPJS Ketenagakerjaan, perlu kalian ketahui jika proses klaim memang tidak semudah apa yang diharapkan. Sebab,jika terdapat persyaratan yang tidak lengkap maka klaim yang sudah kalian ajukan secara otomatis tidak akan disetujui, maka dari itu kami sangat menyarankan sekali ketika pengajuan harus teliti terlebih dahulu.

Sedangkan untuk kesempatan sangat baik kali ini kami hendak informasikan kepada kalian semua mengenai cara tracking klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan kepada kalian semua, terutama untuk peserta sedang melakukan pengajuan klaim JHT pastinya akan sangat penasaran sekali. Untuk melakukan tracking JHT memang tidak sesulit seperti lakukan klaim karena syarat harus dilengkapi cukup ketahui nomor BPJS saja dan koneksi internet mendukung saja, karena cara tracking klaim JHT bisa dilakukan secara online.

Dikarenakan banyak yang penasaran dengan semuanya maka pada pertemuan sangat baik ini kami akan informasikan kepada kalian semua mulai dari syarat dan ketentuan apa saja harus dilengkapi sehingga proses cek klaim JHT dapat berjalan dengan lancar, sesuai dengan apa yang diharapkan. Oleh karena itu sangat disarankan sekali agar simak artikel ini sampai selesai agar pada dan jelas nantinya, baiklah tanpa perlu berlama lama langsung saja simak ulasan dari Pakaibpjs.com mengenai cara tracking klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan telah dipersiapkan buat kalian semua seperti dibawah ini.

Baca  Pinjaman Renovasi Rumah BPJS 2022 : Syarat & Tabel Angsuran

Syarat & Ketentuan Tracking Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Seperti sudah dijanjikan diatas, untuk mengawali pembahasan kali ini terlebih dahulu informasikan mengenai syarat dan ketentuan harus dilengkapi oleh setiap peserta dengan tujuan agar proses berjalan lancar. Baiklah, tanpa perlu berlama lama langsung saja simak ulasan sebagai berikut.

  • Jadi untuk persyaratan pertama harus dilengkapi pastikan sebelumnya sudah ajukan klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan.
  • Silakan persiapkan saja nomor KPJ atau nomor NIK, karena keduanya bisa digunakan untuk cek status klaim JHT.
  • Pastikan perangkat digunakan terhubung dengan koneksi internet lancar agar dapat berjalan sesuai dengan keinginan.

Cara Tracking Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Ketika sudah melengkapi semua syarat dan ketentuan maka lanjut lakukan tracking klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan sesuai dengan pembahasan utama kali ini. Baiklah untuk mempersingkat waktu kalian semua silahkan simak langsung ulasan sebagai berikut.

1. Buka Situs Tracking BPJS Ketenagakerjaan

1 Buka Situs Tracking BPJS Ketenagakerjaan

Langkah pertama harus dilakukan adalah buka halaman bpjsketenagakerjaan.go.id, lanjutkan dengan masuk ke menu Cek Status Klaim

2. Pilih Cek

2 Pilih Cek

Apabila sudah memilih menu cek klaim sudah masuk ke menu tracking silahkan geser kearah bawah. Pilih menu dropdown atau icon segitiga ke bawah.

3. Pilih KPJ

3 Pilih KPJ

Nantinya akan diberikan dua pilihan tersedia, silahkan pilih ingin cek memakai KPJ atau NIK sesuai dengan keinginan kalian masing masing.

4. Masukkan Nomor KPJ

4 Masukkan Nomor KPJ

Setelah memilih salah satunya seperti contoh pilih KPJ maka langkah selanjutnya tinggal memasukkan nomornya dengan benar dan setelah itu tinggal tekan Lacak Klaim Saya

5. Centang Bukan Robot

5 Centang Bukan Robot

Untuk memastikan itu benar benar kalian maka diharuskan melakukan verifikasi captcha yang muncul dilayar, silahkan ceklis saya bukan robot.

Baca  10 Cara Minta Paklaring ke Perusahaan lewat Email 2022

6. Berhasil

6 Berhasil

Berhasil, sampaikan disini kalian bisa cek status tracking klaim BPJS Ketenagakerjaan akan tampil dilayar secara jelas tahapan tahapannya sudah sampai mana apakah sudah cair atau belum.

Apakah Bisa Dilakukan Tracking Secara Offline ?

Ada banyak peserta yang mempertanyakan apakah bisa tracking klaim JHT secara offline ? Perihal pertanyaan seperti tersebut disini kami akan membantu menjawab pertanyaan dari beberapa peserta yang memang gaptek dengan teknologi atau memang tidak tahu menahu dengan teknologi.

Jadi intinya bisa dilakukan baik itu secara online maupun juga offline, untuk cara secara online memang sudah dijelaskan seperti diatas dan prosesnya tidak akan memakan waktu lama seperti secara offline. Oleh karena itu banyak yang memilih secara online.

Sedangkan untuk cara offline silahkan kalian datang langsung ke kantor cabang terdekat dengan membawa beberapa dokumen yang dibutuhkan dan diatas juga sudah dijelaskan kepada kalian semua apa saja persyaratan harus dilengkapi.

Saran dari kami, jika ingin menggunakan cara ini silahkan datang lebih awal agar nantinya kalian mendapatkan nomor antrian paling terdepan.

Kesimpulan

Bila melihat dari penjelasan diatas maka dapat menarik kesimpulan bahwa caranya sendiri memang sangat mudah sekali dan prosesnya tidak akan memakan waktu sampai 5 menit, itulah kenapa banyak orang lebih suka tracking secara online. Meskipun, setiap peserta bisa melakukan secara offline, cuma prosesnya saja yang lama karena harus antri di kantor lansgung.

Nah seperti itulah kiranya pembahasan lengkap mengenai cara tracking klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan disertai dengan syarat dan ketentuan dapat Pakaibpjs.com sampaikan. Semoga dengan adanya ulasan seperti diatas bisa membantu bagi setiap peserta sedang membutuhkan informasi yang sudah dijelaskan seperti tersebut.

Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *