Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Cara Tracking Klaim BPJS Ketenagakerjaan

1 min read

Cara Tracking Klaim BPJS Ketenagakerjaan
Advertisements

Cara Tracking Klaim BPJS Ketenagakerjaan – Beberapa jenis program dari BPJamsostek seperti jaminan hari tua (JHT), kecelakaan kerja (JKK), kematian (JK) maupun pensiun (JP) memberikan banyak manfaat bagi pesertanya. Cara klaim BPJS Ketenagakerjaan apabila mengalami kejadian tak terduga ataupun masuk kedalam masa pensiun.

Misalnya pada CARA KLAIM JHT DI JAMSOSTEK MOBILE kini dapat dilakukan jauh lebih mudah tanpa perlu mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan. Memang proses klaim membutuhkan waktu yang cukup lama bergantung kepada antrian verifikasi penerima manfaat.

Oleh karena itu tracking klaim BPJS Ketenagakerjaan sangat penting dilakukan supaya dapat terus memantau pencairan ke rekening. Kamu bisa dengan mudah cek status klaim BPJS belum diproses atau sudah menggunakan fasilitas website ataupun aplikasi.

Advertisements

Peserta BPJS Ketenagakerjaan dapat mengetahui dengan jelas perkembangan informasi proses klaim terkini. Apabila kalian merupakan pengguna baru maka dapat simak cara tracking klaim BPJS Ketenagakerjaan online yang dirangkum Pakaibpjs.com berikut.

Apa itu Tracking BPJS ?

tracking bpjs

Tracking BPJS adalah aktivitas pelacakan klaim manfaat dari program Jaminan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian dan Jaminan Pensiun. Fitur tracking klaim tersedia pada website resmi BPJSTK dan juga aplikasi JMO Jamsostek Mobile.

Peserta dapat kapan saja mengetahui proses klaim yang berjalan sesuai dengan ketentuan dan tahapan berlaku. Status yang muncul mulai dari upload berkas, mengirim dokumen, verifikasi data sampai dengan pencairan ke rekening peserta.

Cara Tracking Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Cara melacak klaim BPJS dapat dilakukan secara mudah menggunakan fasilitas online. Kemudahan ditawarkan BPJS karena tidak perlu lagi mengunjungi kantor hanya untuk memeriksa statusnya. Jadi ketika pencairan sudah dilakukan maka peserta dapat langsung mengambilnya dari rekening bank pribadi.

Tracking BPJS via Website Online

Cara pertama adalah menggunakan website resmi BPJS Ketenagakerjaan dimana dapat kalian akses kapan saja. Untuk mengetahui status klaim memang sangat mudah, kamu hanya perlu menyiapkan NIK (Nomor Identitas Kependudukan) ataupun KPJ (Kartu peserta Jamsostek).

1. Buka halaman bpjsketenagakerjaan.go.id, lanjutkan dengan masuk ke menu Cek Status Klaim

 Tracking Klaim

2. Ketika sudah masuk ke menu tracking silahkan geser kearah bawah. Pilih menu dropdown.

status klaim
Advertisements

3. Silahkan pilih ingin cek memakai KPJ atau NIK.

Tracking Klaim BPJS

4. Lanjutkan memasukkan nomornya dan tekan Lacak Klaim Saya

Cara Tracking Klaim

5. Kemudian verifikasi captcha yang muncul dilayar.

Cara Tracking Klaim BPJS Ketenagakerjaan online

6. Status tracking klaim BPJS Ketenagakerjaan akan tampil dilayar.

lacak Klaim BPJS

Tracking BPJS di JMO

Cara selanjutnya menggunakan JMO atau Jamsostek Mobile dimana kalian diwajibkan sudah mendaftar dan melakukan pengkinian data. Melalui menu program BPJamsostek kalian bisa memeriksa tracking klaim BPJS yang sedang berjalan.

1. Jalankan JMO (Jamsostek Mobile), ketikkan email dan kata sandi kalian. Tekan Login

Tracking BPJS via Website Online

2. Agar muncul semua layanannya tekan PROGRAM LAINNYA

Tracking BPJS di JMO

3. Pilih salah satu program yang sudah kalian ajukan klaim.

cek status klaim bpjs belum diproses

4. Lanjutkan dengan menekan Tracking Klaim

cek status klaim

5. Akan tampil status klaim jika sudah ditransfer ataupunn belum.

status klaim jika sudah ditransfer

Akhir Kata

Aktivitas tracking klaim dapat dilakukan peserta 24 jam penuh selama tidak terjadi gangguan server BPJS Ketenagakerjaan. Kelebihan lainnya adalah proses klaim akan langsung diarahkan untuk pencairan ke rekening pribadi tanpa adanya parklaring.

Lewat JMO kamu bisa mencoba CARA TAMBAH KPJ DI JAMSOSTEK MOBILE secara lebih cepat dan juga mudah. Pada dasarnya memang cara tracking klaim lebih mudah lewat situs BPJS Ketenagakerjaan karena tidak perlu membuat akun dan melakukan pendaftaran.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *