Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

5 Cara Mengecek BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak Mudah & Cepat !!

Cara Mengecek BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak

Cara Mengecek BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak – Dengan adanya asuransi kesehatan seperti BPJS Kesehatan memang menguntungkan banyak pihak, pasalnya setiap peserta akan mendapatkan jaminan kesehatan untuk menikmati layanan kesehatan. Akan tetapi untuk mendapatkan jaminan kesehatan seperti sudah dijelaskan sebelumnya, setiap warga negara Indonesia wajib menjadi peserta BPJS Kesehatan karena ini program langsung dari pemerintah.

Karena beberapa orang masih awam akan pengetahuan program dari pemerintah mulai dari manfaat dengan BPJS Kesehatan serta fungsinya apa saja, maka di kesempatan sangat baik ini akan informasikan itu semua. Terutama mengenai cara mengecek BPJS Kesehatan aktif atau tidak dengan begitu dapat digunakan pada saat membutuhkan fasilitas kesehatan, selain itu juga berfungsi sebagai kode pembayaran setiap bulannya serta masih banyak lagi lainnya.

Bagi semua peserta yang masih bingung apakah status masih aktif atau tidak memanglah sangat mudah karena masih bisa dilakukan dengan cara cek secara online. Bahkan cara cek nomor BPJS Kesehatan dengan menggunakan nomor BPJS Kesehatan memang sangat mudah, dimana terdapat beberapa cara bisa peserta lakukan yang mana sama sama mudah dan cepat proses dalam mengeceknya.

Sebagaimana sudah dijelaskan kepada peserta semua bahwa nomor BPJS Kesehatan memang sangat penting sekali dimana pada saat bayar BPJS Kesehatan ataupun daftar di aplikasi JKN Mobile akan membutuhkan harus memasukkan nomornya. Nah untuk kalian yang belum mengetahui dan ingin segara tahu, kali ini pakaibpjs.com hendak informasikan mengenai cara cek BPJS Kesehatan masih aktif atau tidak dapat simak ulasan seperti dibawah ini.

Baca  12 Cara Daftar Pegawai BPJS Kesehatan 2022 : Syarat & Besaran Gaji

Syarat Cek Status BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak

Dikarenakan banyak yang bertanya akan hal tersebut, maka disini akan informasikan terlebih dahulu bahwa caranya memang tidak perlu memerlukan persyaratan wajib harus dilengkapi, kalian semua tinggal pastikan saja mengetahui nomor BPJS Kesehatan.

Kami rasa hanya itu saja mengenai persyaratan yang harus dilengkapi ketika ingin mengetahui status kepesertaan BPJS Kesehatan aktif atau tidak. Jika penasaran dengan caranya seperti apa, silahkan simak langsung ulasan sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

Cara Mengecek BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak

Untuk mengetahui apakah status kepesertaan BPJS Kesehatan masih aktif atau tidak memang terbilang mudah, bahkan prosesnya tidak membutuhkan waktu lama. Apabila penasaran dengan semuanya silahkan simak langsung ulasan yang sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

1. Lewat SMS Gateway

Untuk cara pertama dapat peserta lakukan bisa menggunakan layanan SMS Gateway, dimana dengan pakai metode seperti ini akan bisa dilakukan semua orang terutama untuk para orang tua. Layanan tersebut, setiap peserta cukup ketik pesan di SMS lalu kirimkan ke nomor 0877-5500-400, perlu diketahui bahwa metode tersebut dikenakan pulsa dengan tarif normal.

Bagi kalian masih bingung akan menulis teks pesan untuk mengetahui nomornya ialah ketik “NIK 33344555667798” setelah benar memasukkan nomor NIK maka lanjut klik kirim ke nomor sudah disebutkan seperti diatas. Pada umumnya layanan ini akan mendapat balasan secepatnya, silahkan pastikan dalam keadaan signal bagus.

2. Lewat Website Resmi

Kemudian lanjut ke cara kedua, ketika peserta tidak memiliki pulsa lebih dari cukup maka dapat pilih opsi lain yakni lewat situs resmi langsung yakni bpjs-kesehatan.go.id lewat perangkat HP. Adapun caranya sendiri memang sangat mudah, dimana cukup akses langsung menu iuran disitu kalian bisa mengetahui status peserta seperti apa.

Baca  √ Batas Waktu Rawat Inap BPJS Kesehatan Seluruh Indonesia 2022

Langkah pertama harus dilakukan silahkan buka situs resminya kemudian pilih menu iuran setelah itu langsung saja masukan nomor NIK serta tanggal lahir kalian. Nantinya secara otomatis sistem akan memunculkan nomor BPJS serta detail tagihan harus kalian bayarkan, disitu kalian bisa memastikan apakah status masih aktif atau tidak.

3. Lewat Call Center

Kemudian cara terakhir lewat Call center, adapun mengenai prosedurnya sama seperti dengan beberapa cara lain wajib untuk mengetahui nomor NIK di KTP terlebih dahulu. Pada cara ini setiap peserta cukup melakukan panggilan di nomor 1500 400.

Dengan menggunakan cara ini tidak hanya dapat mengetahui informasi akan nomor saja, kalian juga bisa mendapat banyak informasi lain tentang layanan BPJS Kesehatan. Ketika sudah terhubung maka kalian akan dimintai untuk menyebutkan nomor NIK di KTP, setelah itu tinggal tunggu beberapa saat nantinya kalian akan diberikan informasi secara jelas dan detail.

Kesimpulan

Apabila melihat dari penjelasan diatas untuk mengetahui apakah BPJS Kesehatan masih aktif atau tidak cukup menggunakan nomor NIK sudah cukup, jadi kalian tidak perlu repot repot untuk pergi ke kantor langsung. Beberapa cara diatas memang memiliki prosesnya terbilang mudah dan cepat, karena tidak sampai 10 menit kalian sudah bisa mengetahui apakah masih aktif atau tidak.

Nah seperti itulah tadi penjelasan lengkap dapat di informasikan kepada kalian semua mengenai cara cek BPJS Kesehatan masih aktif atau tidak dapat Pakaibpjs.com sampaikan. Semoga saja dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua peserta BPJS Kesehatan sedang membutuhkan pembahasan seperti diatas.

Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.