Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

3 Cara Cek Kelebihan Bayar BPJS Kesehatan Lewat Mobile JKN 2022

Cara Cek Kelebihan Bayar BPJS Kesehatan
Advertisements

Cara Cek Kelebihan Bayar BPJS Kesehatan – Sesuai dengan keputusan dari Putusan Mahkamah Agung (MA) Nomor 7P/HUM/2020 dimana menyatakan pasal 34 Peraturan Presiden Nomor 75 tahun 2019. Dimana dalam keputusan tersebut yang sebelumnya BPJS Kesehatan mengalami kenaikan iuran bagi Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Peserta Pekerja (BP).

Dimana mengenai besaran iuran akan kembali dengan sebelumnya dengan kata lain diturunkan lagi, sedangkan bagi peserta yang sebelumnya sudah membayar BPJS Kesehatan dengan besaran sebelumnya. Sedangkan tagihan di bulan berikutnya akan kembali seperti awal, lantas bagaimana jika peserta melakukan pembayaran kelebihan.

Perihal kejadian seperti tersebut, pihak BPJS Kesehatan telah informasikan bahwa iuran yang sudah masuk secara otomatis akan ditagihkan pada bulan berikutnya. Adapun cara cek kelebihan bayar BPJS Kesehatan bisa dilakukan dengan mudah yakni lewat aplikasi JKN Mobile, perihal tersebut setiap peserta cukup melengkapinya dengan nomor kartu BPJS salah satu anggota keluarga saja.

Advertisements

Ketika kenaikan sudah diterapkan dimana untuk kelas III sebesar Rp 42.000 kini kembali lagi Rp 25.500, kelas II dari Rp 110.000 menjadi 51.000 dan kelas I Rp 160.000 menjadi Rp 80.000. Bagi kalian yang penasaran dengan caranya seperti apa dapat simak langsung ulasan telah dipersiapkan oleh Pakaibpjs.com mengenai cara cek kelebihan bayar BPJS Kesehatan seperti dibawah ini.

Cara Cek Kelebihan Bayar BPJS Kesehatan

Dikarenakan banyak yang mempertanyakan bagaimana cara melihat uang kelebihan yang sudah terlanjur dibayarkan sebelumnya, maka dari itu pada pertemuan sangat baik ini akan kami jelaskan secara detail.

Baca  Gaji PTT BPJS Kesehatan 2022 : Karyawan Kontrak & Tunjangan Pegawai

Jadi intinya kalian semua tidak perlu bingung, karena kelebihan uang tersebut bisa digunakan pada tagihan berikutnya. Setiap peserta cukup menggenapi saja sisa kurangan tersebut, untuk mengetahui caranya dapat simak langsung sebagai berikut.

1. Buka Aplikasi JKN Mobile

1 Buka Aplikasi JKN Mobile

Langkah pertama harus kalian lakukan cukup buka aplikasi JKN Mobile terlebih dahulu, namun sebelum itu pastikan terlebih dahulu perangkat HP sudah terhubung dengan koneksi internet lancar.

2. Pilih Menu Premi

2 Pilih Menu Premi

Jika sudah berhasil masuk ke tampilan utama aplikasi JKN Mobile maka langkah berikutnya tinggal lanjut pilih menu Premi sesuai dengan gambar tutorial seperti diatas.

3. Berhasil

3 Berhasil
Advertisements

Silahkan tunggu sebentar nantinya akan muncul detail uang kelebihan yang sebelumnya sudah terlanjur dibayarkan pada bulan sebelumnya.

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan

Selain informasikan cara cek kelebihan bayar BPJS Kesehatan, pada pertemuan sangat baik ini juga kami informasikan cara cek tagihan lewat beberapa cara yang sering dilakukan oleh banyak orang. Untuk mengetahui lebih jelas dan detailnya, dapat simak langsung ulasan seperti dibawah ini.

Lewat BRImo

  1. Langkah pertama harus kalian lakukan ialah jalankan aplikasi BRImo terlebih dahulu, namun sebelum itu pastikan perangkat HP terhubung dengan koneksi internet lancar.
  2. Ketika sudah berhasil masuk ke aplikasi silahkan login akun terlebih dahulu dengan cara memasukkan username dan password telah di daftarkan sebelumnya.
  3. Apabila sudah berhasil login maka masuk ke halaman utama aplikasi BRImo dimana terdapat cukup banyak menu, tetapi disini kalian harus klik Lainnya.
  4. Kemudian akan ada layanan tersedia oleh BRImo, sesuai dengan judul diatas maka tap BPJS.
  5. Langkah berikutnya tinggal pilih jenis BPJS, karena ini membayar iuaran perbulan maka klik BPJS Kesehatan.
  6. Lalu langkah berikutnya tinggal masukkan nomor BPJS atau nomor VA BPJS karena akan dijadikan sebagai kode pembayaran, jika sudah selesai klik Lanjutkan.
Baca  √ BPJS Kesehatan Kebumen 2022 : Call Center & Alamat Kantor

Lewat Tokopedia

  1. Langkah pertama harus dilakukan ialah jalankan aplikasi Tokopedia terlebih dahulu, namun sebelum itu pastikan bahwa perangkat HP terhubung dengan koneksi internet lancar.
  2. Ketika sudah berhasil masuk ke tampilan utama aplikasi Tokopedia akan muncul banyak menu telah tersedia, berikutnya tinggal klik Top Up & Tagihan.
  3. Lalu langkah berikutnya tinggal cari menu BPJS sesuai dengan pembahasan kali ini.
  4. Sebelum lanjut melakukan pembayaran silahkan pilih jenis BPJS, pada tahap ini langsung saja pilih Kesehatan.
  5. Lalu langkah berikutnya tinggal masukkan nomor BPJS Kesehatan kalian, pastikan tidak salah input meskipun satu digit angka.
  6. Langkah terakhir cukup klik Cek Tagihan, nantinya akan muncul detail harus dibayarkan jika sudah jelas semua silahkan langsung bayar sesuai dengan metode yang kalian inginkan.

Lewat JKN Mobile

  1. Pertama harus kalian lakukan cukup buka aplikasi JKN Mobile terlebih dahulu, namun sebelum itu pastikan terlebih dahulu perangkat HP sudah terhubung dengan koneksi internet lancar.
  2. Jika sudah berhasil masuk ke tampilan utama aplikasi JKN Mobile maka langkah berikutnya tinggal lanjut pilih menu Premi.
  3. Silahkan tunggu sebentar nantinya akan muncul detail tagihan harus dibayarkan.

Akhir Kata

Dapat menarik kesimpulan bahwa caranya sendiri memang sangat mudah, dimana lewat aplikasi JKN Mobile semua bisa dilakukan tidak hanya cek kelebihan pada saat membayar tagihan. Setiap peserta juga bisa melakukan perubahan data dan masih banyak lagi lainnya.

Nah seperti itulah tadi pembahasan lengkap mengenai cara cek kelebihan bayar BPJS Kesehatan lewat JKN Mobile disertai dengan cara cek tagihan dapat Pakaibpjs.com sampaikan. Semoga dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua orang sedang membutuhkannya.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.