Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

12 Cara Membayar Tunggakan BPJS Lebih Dari 2 Tahun Dijamin Berhasil

Cara Membayar Tunggakan BPJS Lebih Dari 2 Tahun

Cara Membayar Tunggakan BPJS Lebih Dari 2 Tahun – Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak peserta diluar sana memiliki tunggakan berbulan bulan dan bahkan bertahun tahun, dengan begitu akibatnya kepesertaan kalian akan di nonaktifkan selama peserta belum melunasi tunggakan tersebut. Apabila hal tersebut kalian biarkan saja maka denda yang dikenakan jelas semakin besar karena tidak kalian bayarkan dan itu membuat para peserta akan terasa berat untuk melunasinya, terlebih jika sampai 2 tahun dan bahkan lebih dari itu, hal tersebut memang sudah terbukti dimana banyak peserta yang memiliki tunggakan.

Untuk meringankan beban seperti tersebut, pihak dari BPJS Kesehatan memberikan solusi kepada setiap peserta untuk membayar dengan cara cicil dimana itu bisa kalian lakukan langsung lewat aplikasi Mobile JKN atau bisa dilakukan langsung lewat kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat dengan kota kalian masing masing. Lantas bagaimana cara membayar tunggakan BPJS lebih dari 2 tahun ? Apakah diharuskan untuk melunasi semua tunggakan yang dikenakan atau kita sebagai peserta bisa membayarnya dengan cara cicil entah 6 bulan atau per 1 tahun atau juga harus 2 tahun sekaligus. kemudian apakah sama seperti cara bayar BPJS setiap bulannya.

Seperti sudah dijelaskan pada pembahasan sebelum sebelumnya untuk membayar tunggakan sebetulnya bisa di cicil secara bertahap karena sekarang ada program terbaru dengan nama Rehab BPJS Kesehatan tentu sangat meringankan bagi semua peserta dimana dalam pembayaran dengan maksimal periode tahapan selama 1 siklus atau 12 bulan, namun sebelum melakukan pembayaran diharuskan untuk daftar program Rehab terlebih dahulu. Adapun cara daftar Rehab BPJS Kesehatan bisa dilakukan secara online yakni lewat aplikasi Mobile JKN, disisi lain prosesnya terbilang sangat cepat dan mudah pastinya sehingga peserta akan bisa melakukan tanpa adanya kendala apapun.

Baca  7 Cara Menonaktifkan BPJS Kesehatan 2022 : Syarat & Ketentuan

Dikarenakan banyak peserta yang penasaran dengan itu semua maka pada pertemuan sangat baik ini kami hendak menjelaskan secara detail jadi sangat disarankan agar simak terus artikel ini sampai selesai, sebab akan ada banyak informasi penting akan disampaikan. Untuk menjawab rasa penasaran para peserta, di kesempatan sangat baik ini Pakaibpjs.com hendak sampaikan cara membayar tunggakan BPJS lebih dari 2 tahun lewat Mobile JKN sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

glowmurah

Syarat Membayar Tunggakan BPJS Lebih Dari 2 Tahun

Dari awal penjelasan memang sempat kami sampaikan kepada kalian semua untuk cicil tunggakan BPJS Kesehatan terdapat syarat serta ketentuan berlaku wajib setiap peserta lengkapi terlebih dahulu agar proses dapat berlangsung lancar. Jika penasaran akan semuanya silahkan simak langsung ulasan sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

  • Merupakan peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau Bukan Pekerja (BP).
  • Peserta BPJS Kesehatan memiliki tunggakan 4 sampai 24 bulan.
  • Maksimal periode pembayaran bertahap sebanyak satu periode atau 12 bulan.
  • Diwajibkan untuk melakukan pendaftaran di aplikasi Mobile JKN atau call center di nomor 165.
  • Pendaftaran sebelum tanggal 28 bulan berjalan & jika di bulan februari maka tanggal 27.

Cara Membayar Tunggakan BPJS Lebih Dari 2 Tahun

Kemudian lanjut ke pembahasan utama sesuai dengan judul seperti diatas yakni cara bayar tunggakan BPJS Kesehatan lebih dari 2 tahun, sebelumnya kami anggap bahwa kalian sudah mengetahui serta melengkapi semua syarat dan ketentuan berlaku. Baiklah tanpa perlu lama lama lagi langsung saja simak ulasan telah dipersiapkan buat semua peserta yang kebetulan memiliki tunggakan diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama silahkan login akun Mobile JKN terlebih dahulu, namun sebelum itu pastikan terhubung dengan koneksi internet lancar.
  2. Apabila sudah masuk ke halaman utama aplikasi Mobile JKN silahkan pilih Program Rehab (Rencana Pembayaran Bertahap) lewat mobile JKN.
  3. Lalu muncul informasi penting mengenai tunggakan dikenakan, jika setuju dengan semuanya silahkan lakukan persetujuan syarat dan ketentuan berlaku.
  4. Ketika sudah berhasil maka langkah berikutnya lanjut membayar BPJS Kesehatan termasuk tunggakan dan iuran wajib setiap bulannya.
  5. Adapun pembayaran dapat dilakukan lewat beberapa metode yang sudah bekerja sama dengan pihak dari BPJS Kesehatan seperti transfer bank, e-commerce, saku digital dan lainnya.
  6. Disini kami contohkan lewat ATM BRI, langkah pertama harus dilakukan adalah masukkan kartu ATM BRI kalian ke mesin ATM.
  7. Kemudian langkah berikutnya tinggal masukkan PIN ATM, pastikan bahwa kalian tidak salah masukkan PIN.
  8. Ketika sudah berhasil masuk halaman utama kemudian pilih menu Pembayaran, kemudian lanjut pilih menu Lainnya.
  9. Lalu berlanjut ke langkah berikutnya tinggal pilih saja menu BPJS Kesehatan.
  10. Lanjut masukkan kode perusahaan yakni 88888 serta 11 digit nomor kartu BPJS.
  11. Selanjutnya tinggal cek kembali data yang telah dimasukkan jika sudah sesuai tekan Benar.
  12. Nantinya akan muncul konfirmasi transaksi seperti nama peserta, nomor BPJS, serta jumlah yang akan dibayarkan, jika sudah sesuai tekan YA
  13. Transaksi sedang di proses dan langkah berikutnya tinggal tunggu sampai struk pembayaran keluar dari mesin ATM BRI.
Baca  12 Cara Berobat Menggunakan BPJS 2022 : Syarat & Ketentuan

Kesimpulan

Bila melihat dari penjelasan diatas maka dapat menarik kesimpulan bahwa caranya sendiri memang mudah dan perlu diketahui bahwa membayar tunggakan terdapat ketentuan yakni maksimal periode pembayaran bertahap sebanyak satu periode atau 12 bulan. Jadi intinya kalian bisa mencicil paling maksimal 1 tahun, jika memiliki tunggakan 2 tahun maka bisa dilakukan sebanyak 2 kali seperti sudah dijelaskan diatas.

Nah seperti itulah tadi penjelasan lengkap mengenai membayar tunggakan BPJS lebih dari 2 tahun disertai dengan syarat dan ketentuan dapat Pakaibpjs.com sampaikan. Semoga dengan adanya informasi diatas dapat membantu setiap peserta sedang membutuhkan pembahasan seperti tersebut.

Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.