Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Biaya Implan Gigi BPJS 2022: Syarat, Manfaat & Prosedur

Biaya Implan Gigi BPJS

Biaya Implan Gigi BPJS – Mampu meningkatkan kembali rasa percaya diri ketika mengalami gigi ompong. Untuk saat ini, khususnya di era modern dan teknologi tinggi, metode implan gigi banyak dipilih masyarakat meskipun biaya harus dikeluarkan tidak sedikit.

Meskipun biaya harus dikeluarkan tidak sedikit, nyatakan untuk saat ini banyak pula para ahli gigi yang membuka praktik umum. Hal tersebut dilakukan karena memang minat masyarakat terhadap pemasangan gigi palsu dengan metode implan gigi sangatlah tinggi.

Implan gigi merupakan salah satu jenis gigi palsu yang bersifat permanen. Pasalnya setelah proses penanaman gigi palsu dengan metode implan, gigi tersebut sama sekali tidak bisa dilepas, terkecuali ketika kita menggunakan metode khusus dimiliki para ahli gigi.

Maka dari itu, tidak heran apabila biaya harus dikeluarkan cukup tinggi. Nah bicara tentang biaya, banyak orang bertanya apakah implan gigi bisa pakai BPJS, dan berapa kira-kira biaya implan gigi BPJS?. Untuk mendapatkan penjelasan lengkapnya, simak artikel pakaibpjs.com berikut ini.

Apakah Implan Gigi Bisa Menggunakan BPJS?

Apakah implan gigi bisa menggunakan BPJS? mungkin merupakan sebuah pertanyaan cukup banyak dilontarkan oleh masyarakat yang memang ingin melakukan pemasangan gigi palsu permanen ini. Namun bisa atau tidak proses implan gigi memakai BPJS?.

Apabila kita mengacu pada ketentuan BPJS Kesehatan, setidaknya sampai dengan saat ini ada beberapa jenis perawatan gigi dan mulut bisa ditanggung BPJS. Beberapa jenis perawatan tersebut termasuk di antaranya adalah:

  • Administrasi pelayanan
  • Pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasi medis
  • Scaling gigi / pembersihan karang gigi
  • Tumpatan komposit / GIC
  • Obat pasca ekstraksi
  • Pencabutan gigi permanen tanpa penyulit
  • Kegawadaruratan oro-dental
  • Pencabutan gigi sulung (topikal & infiltrasi)
  • Premesiksi atau pengobatan awal dengan pemberian obat alalgetik & antibiotik

Itu dia beberapa perawatan gigi dan mulut yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Selain dari ketentuan-ketentuan di atas, setidaknya perawatan gigi dan mulut lainnya tidak akan ditanggung.

Nah pertanyaannya apakah implan gigi bisa menggunakan BPJS? tentu saja bisa karena memang masuk kedalam salah satu ketentuan di atas. Dan sebagai informasi saja, pertanggungan atas harga implan gigi BPJS sendiri akan berwujud dana subsidi sesuai syarat & ketentuan pemerintah / BPJS Kesehatan.

Apa Itu Implan Gigi?

Bicara tentang implan gigi, tidak bisa kita pungkiri mungkin ada dari kalian yang masih belum tahu apa sebenarnya implan gigi itu dan bagaimana prosedur dilakukan. Oleh karena itu, sebelum kita bahas masalah biaya implan gigi BPJS.

Tidak ada salahnya kita kenali dulu apa itu implan gigi. Apabila kalian belum tahu, implan gigi merupakan sebuah metode kedokteran (gigi) yang digunakan untuk membuat & memasang gigi buatan hingga ke akar gigi dengan memanfaatkan bahan berupa logam khusus (titanium) berbentuk bulat & ditanam di rahang.

Baca  6 Cara Mengaktifkan Kembali BPJS Kesehatan Secara Online 2022

Dan seperti pakaibpjs singgung di awal, implan gigi termasuk dalam salah satu jenis gigi palsu namun permanen. Karena setelah pemasangan berhasil, setidaknya sampai logam khusus yang dipasang sudah menyatu dengan tulang rahang maka nantinya akan menjadi akar gigi baru.

Sehingga dengan adanya metode implan atau pemasangan gigi palsu ke bagian rahang benar-benar hanya bisa dilakukan oleh profesional. Mengingat penanaman gigi palsu dengan metode implan ini sama sekali tidak boleh berubah karena nantinya akan menyatu dengan bagian tulang rahang.

Manfaat / Keuntungan Implan Gigi

Dengan melakukan implan gigi atau proses pemasangan gigi palsu secara permanen. Setidaknya hal ini juga dapat memberikan beberapa manfaat bagi orang yang mengalami gigi ompong. Beberapa manfaat / keuntungan melakukan implan gigi sendiri antara lain:

  • Mampu meningkatkan kembali rasa percaya diri dari gigi ompong.
  • Membuat fungsi gigi kembali seperti semula baik untuk berbicara maupun saat mengunyah makanan.
  • Satu kali implan dapat bertahan lama apabila dilakukan perawatan baik dan benar.

Biaya Implan Gigi BPJS

Setelah mengetahui apa itu implan gigi serta tahu bahwa implan gigi juga bisa ditanggung BPJS Kesehatan. Lantas berapa biaya implan gigi BPJS tersebut?.

Apabila kalian akan melakukan pemasangan gigi palsu dengan metode implan, setidaknya biaya harus dikeluarkan tidak jauh berbeda dengan biaya pasang gigi palsu BPJS yang sebelumnya sudah pernah kami sampaikan.

Namun untuk lebih meyakinkan kalian, perlu kalian catat biaya implan gigi menggunakan BPJS Kesehatan terbaru yaitu sebesar Rp 500.000 per rahang. Dimana jumlah gigi palsu yang akan dipasang tidak dibatasi sama sekali.

Hanya saja BPJS Kesehatan hanya menanggung nilai pertanggungan maksimal hanya sampai Rp 1.000.000. Jadi jika lebih dari itu, maka sisanya bukan lagi tanggung jawab BPJS Kesehatan.

Sebagai informasi saja, biaya implan dengan menggunakan BPJS bisa dikatakan cukup murah. Mengingat bila kita bandingkan dengan harga normal, maka harga implan gigi di rumah sakit swasta bisa mencapai Rp5 – Rp25 juta per implan.

Kapan Harus Implan Gigi?

Walaupun bisa menjadi salah satu alternatif dapat digunakan jika metode pasang gigi palsu tidak kalian inginkan. Akan tetapi pemasangan implan gigi pun tidak sembarang waktu dapat dilakukan. Karena ada beberapa kondisi mengharuskan pasien dapat dikatakan boleh implan gigi.

Maka dari itulah berikut ini adalah waktu yang bisa dibilang paling tepat ketika kalian ingin melakukan implan gigi.

  • Ketika mengalami gigi ompong namun tetap ingin menjaga bentuk mulut dan rahang.
  • Disaat kalian tidak ingin menggunakan / memakai gigi palsu.
  • Mengganti beberapa gigi ompong / keropos.

Jadi pastikan ketika ingin mengeluarkan biaya implan gigi BPJS, pastikan kalian juga tahu waktu paling tepat untuk melakukan implan gigi seperti kami sampaikan diatas.

Baca  10 Cara Bayar BPJS Kesehatan Pertama Kali di ATM BNI, BRI, & Mandiri

Syarat Teknis Implan Gigi

Buat kalian yang ingin melakukan implan gigi, seperti kami singgung di atas, setidaknya pemasangan implan tidak akan bisa dilakukan ketika kondisi tubuh pasien sedang lemah atau kurang baik. Maka dari itu, untuk meminimalisir hal-hal tidak di inginkan.

Ada beberapa syarat teknis ketika ingin melakukan implan gigi, antara lain seperti:

  • Pasien memiliki satu atau lebih gigi tetap masih tanggal.
  • Pasien tidak mempunyai kondisi gangguan pertumbuhan dan kesehatan tulang.
  • Pasien harus punya mulut dan gusi sehat.
  • Pasien harus memiliki tulang rahang yang sudah tumbuh sempurna. (dapat di periksa di klinik terdekat).

Itulah beberapa syarat penting bagi kalian yang memang ingin melakukan implan gigi BPJS. Dari beberapa syarat tersebut, setidaknya bisa kita ambil kesimpulan bahwa sebelum melakukan implan, setidaknya pasien harus melakukan pengecekan di klinik terdekat agar mengetahui apakah implan sudah bisa dilakukan atau belum.

Prosedur Implan Gigi

Untuk lebih memahami tentang implan gigi, setelah kalian mengetahui berapa biaya implan gigi BPJS seperti di atas kami sampaikan. Berikut adalah langkah-langkah / prosedur implan gigi.

  • Pelepasan Gigi yang Akan Dipasang Implan
    Tahap pertama prosedur implan gigi adalah dengan mencabut / melepas bagian gigi yang akan dipasang implan dari gusi hingga ke akar-akarnya.
  • Pemisahan Tulang Rahang
    Setelah pelepasan gigi selesai, pasien harus menjalani pemisahan tulang rahang untuk proses persiapan pemasangan implan dengan menggunakan metode cangkok tulang.
  • Pemasangan Implan Gigi ke Tulang Rahang
    Tahap selanjutnya, proses pemasangan implan gigi (dilakukan ketika tulang rahang dianggap sudah siap). Dimana pada tahap ini gusi akan di buka dan implan logam akan langsung dipasang ke tulang rahang dan menutupnya kembali hingga benar-benar tulang rahang tumbuh serta menyatu.
  • Proses Pemasangan Abutment
    Jika logam implan gigi dan tulang rahan dianggap sudah menyatu (butuh beberapa bulan) tahap selanjutnya yaitu pemasangan abutment atau penghubung implan gigi dengan mahkota gigi.
  • Pemasangan Mahkota Gigi
    Di tahap terakhir, pasien akan dipasangi mahkota gigi pada implan yang telah menyatu dengan tulang rahang atau setidaknya setelah gusi sembuh (kurang lebih 1 – 2 minggu).

Kesimpulan

Sampai disini, bisa kita amati bahwa biaya implan gigi BPJS bisa dikatakan cukup terjangkau apabila dibandingkan dengan biaya implan gigi non-BPJS. Namun seperti di atas kami sampaikan, ada beberapa tahap yang memang harus dilakukan ketika kalian ingin memasang implan gigi.

Dan biasanya dalam proses pemasangan implan gigi setidaknya akan membutuhkan waktu yang lebih lama (berbulan-bulan) bila kita bandingkan dengan pemasangan gigi palsu. Namun yang pasti dengan biaya implan gigi BPJS tersebut, kalian akan dapat memperoleh sebuah gigi palsu permanen bagus dan kuat.

Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *