Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Simulasi Jaminan Pensiun BPJS 2022 : Perhitungan & Cek Saldo

Simulasi Jaminan Pensiun BPJS
Advertisements

Simulasi Jaminan Pensiun BPJS – Salah jaminan sosial yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia adalah BPJS Ketenagakerjaan. Salah satu jenis program BPJS jangka panjang adalah Jaminan Pensiun atau sering disingkat JP. Pemerintah memang terus menghimbau kepada tiap perusahaan untuk mendaftarkan karyawannya kedalam program jaminan pensiun dimana dapat bermanfaat ketika sudah berhenti bekerja.

Kini cara bayar BPJS Ketenagakerjaan lewat ATM BRI ataupun fasilitas lainnya dapat dilakukan secara mudah oleh semua peserta. Jadi tiada alasan lagi untuk tidak mempersiapkan masa pensiun ataupun hari tua dimulai dari sekarang. Pada dasarnya jaminan pensiun BPJS memang diberikan kepada pekerja penerima upah/PPU dimana kriteria pembayarannya 1% berasal dari pekerja serta 2% dari pihak perusahaan.

Kemudian kelebihan jaminan pensiun BPJS adalah iurannya dipotong dari gaji yang kalian dapatkan setipa bulan. Nominal potongannya akan memiliki jumlah berbeda antara karyawan satu dengan lainnya. Tentunya secara otomatis jika gaji kalian semakin besar maka biaya pemotongan BPJS juga bertambah besar. Namun hal tersebut dirasa tidak masalah karena mampu menjamin masa pensiun dengan persiapan dana yang cukup.

Advertisements

Kalian dapat mengakses simulasi jaminan pensiun BPJS secara online dan gratis kapan saja dibutuhkan supaya mempermudah perhitungan. Tentu sebagai karyawan kita wajib tahun berapa iuran jaminan pensiun maupun perkiraan nominal pencarian. Perhitungan akan berdasarkan juga pada masa kerja maupun tahun pensiunnya dimana mempengaruhi jumlah manfaatnya.

Simulasi Jaminan Pensiun BPJS

Fasilitas simulasi akan mudah diakses oleh siapapun ketika ingin memperoleh informasi mengenai tahun masa kerjanya. Tak hanya untuk peserta terdaftar, bagi yang ingin mendaftar juga bisa mendapatkan masa kerja maksimal kemudian kapan waktunya pensiun. Kemudahan ini memang sangat diutamakan karena tidak perlu menanyakan ke kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Baca  Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Orang yang Sudah Meninggal

Jaminan pensiun BPJS memiliki tujuan untuk mempertahankan derajat hidup peserta ataupun ahli waris dengan memberi penghasilan ketika sudah masuk masa pensiun, meninggal ataupun mengalami cacat total. Manfaat jaminan pensiun berupa nominal uang dimana diberikan tiap bulan sesuai dengan ketentuan berlaku. Kemudian cek saldo jaminan pensiun bpjs dapat diakses lewat JMO (Jamsostek Mobile) atau website BPJSTKU.

Kini pengguna juga bisa mengakses simulasi jaminan pensiun BPJS untuk mendapatkan gambaran nominal yang akan didapatkan. Fasilitas simulasi jaminan pensiun BPJS dapat diakses oleh semua profesi karyawan asalkan sudah didaftarkan oleh pihak perusahaan. Bagi kalian yang baru saja bekerja ataupun belum mengikuti programnya simak simulasi jaminan pensiun BPJS dibawah ini.

1. Silahkan kalian buka laman bpjsketenagakerjaan.go.id dari smartphone ataupun alat lainnya. Pada menu utama silahkan gulir layar kearah bawah untuk mencari menu Simulasi Saldo

perhitungan jaminan pensiun

2. Setelah muncul simulasi saldo lanjutkan dengan masuk ke tab Jaminan Pensiun disebelah kanan.

cek saldo jaminan pensiun bpjs

3. Setelah itu pilih tanggal lahir menggunakan menu yang disediakan, dibawahnya ketikkan upah perbulan dan nominal persentase kenaikan upah

nominal dana pensiun bpjs ketenagakerjaan
Advertisements

4. Pastikan semua informasi yang dimasukkan sudah benar dan akurat. Setelahnya tekan tombol Hitung Manfaat JP

bpjs swasta

5. Informasi jaminan pensiun akan muncul mulai dari usia pensiun, masa iuran, tahun pensiun dan juga jumlah manfaatnya.

cek saldo

Cara Perhitungan Jaminan Pensiun

Kelebihan BPJSTK adalah pengurusan dilakukan oleh perusahaan tempat karyawan bekerja sehingga lebih menghemat waktu. Selain itu pembayarannya juga dilakukan pihak perusahaannya dimana kalian tidak perlu pusing. Namun karena rasa penasaran banyak yang mengakses simulasi jaminan pensiun BPJS ataupun melakukan perhitungan untuk memperkirakan manfaatnya.

Dari simulasi jaminan pensiun BPJS kalian akan lebih mudah dalam memperkirakan nominal manfaatnya. Kemudian selain simulasi jaminan pensiun BPJS bagaimana dengan perhitungan jaminan pensiun? hal ini penting untuk mengetahui jumlah iuran serta nominal dana pensiun BPJS Ketenagakerjaan yang akan didapatkan.

Baca  6 Cara Menambah Anggota BPJS di JKN Mobile : Syarat & Ketentuan

Iuran Jaminan Pensiun

Sesudah simulasi jaminan pensiun BPJS apakah kamu penasawaran dengan jumlah iurannya? Perlu diketahui iuran jaminan pensiun BPJS memiliki nominal 1% dipotong dari total gaji karyawan perbulan ditambahkan dengan 2% dari gaji dimana dibayarkan perusahaan. Jadi dalam sekali iuran akan berasal dari potongan berdasarkan gajinya, kemudian contohnya semisal kamu mendapatkan gaji Rp.3.000.0000 maka tinggal dikalikan saja.

Gaji perbulanRp.3.000.000
Iuran dibayarkan perusahaan2% x Rp.3.000.000 =Rp.60.000
Iuran potong gaji1% x Rp.3.000.000 =Rp.30.000
Total iuranRp.60.000 + Rp.30.000 = Rp.90.000

Nominal Dana Pensiun BPJS Ketenagakerjaan

Lantas dari simulasi jaminan pensiun BPJS berapa nominal maksimal didapatkan oleh karyawan? Menyesuaikan aturan perintah paling sedikit senilai Rp.300.000 dan maksimalnya Rp3.600.000 perbulan. Jadi tiap peserta akan menerima nominal dengan jumlah berbeda sesuai dengan masa kerja dan juga tingkatan inflasi setiap tahunnya. Terlebih dengan kemajuan jaman kini klaim manfaatnya bisa secara online sehingga menghemat waktu serta tenaga.

Kesimpulan

Sebagai pegawai ataupun penerima upah memang wajib mengetahui fasilitas simulasi supaya memudahkan dalam perhitungannya. Kemudian penerima manfaatkan juga dapat memperkirakan dana berdasarkan masa kerja maksimalnya. Sebagai pekerja memang memempersiapkan masa pensiun sangat penting supaya bisa terus berpenghasilan meskipun sudah tidak bekerja lagi.

Ketika sudah didaftar oleh perusahaannya kalian akan menerima kartu jaminan pensiun dimana digunakan sebagai tanda kepesertaan. Kartunya akan berguna untuk salah satu syarat pencairan dana manfaat maupun keperluan administrasi lainnya. Demikian pembahasan simulasi jaminan pensiun dari pakaibpjs.com semoga bermanfaat.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.