Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Jenis Askes

3 min read

JENIS ASKES
Advertisements

Jenis Askes – Asuransi Kesehatan merupakan sebuah jenis produk asuransi yang dikhususkan untuk menjamin biaya pelayanan kesehatan atau pengobatan para anggotanya. Pada saat anggotanya mengalami sakit ataupun kecelakaan.

Secara umum, terdapat dua penawaran yang akan ditawarkan oleh perusahaan-perusaahan asuransi, yaitu layanan rawat inap dan juga rawat jalan. Produk asuransi kesehatan tersebut diselenggarakan oleh asuransi sosial, asuransi jiwa, dan juga asuransi umum.

Seperti halnya PT Askes di Indonesia merupakan salah satu perusahaan asuransi sosial yang menyelenggarakan jaminan asuransi kesehatan kepada para pegawai pemerintahan. Selain itu, jaminan asuransi kesehatan juga akan diberikan kepada anak-anak mereka hingga usianya menginjak 21 tahun.

Advertisements

Sedangkan untuk para pensiunan, mereka akan diberikan jaminan asuransi kesehatan seumur hidup. Dan masih banyak lagi asuransi kesehatan yang diselenggarakan oleh PT Askes milik perusahaan asuransi (Persero).

Jenis Askes

Di luar golongan pegawai pemerintah, adapula asuransi kesehatan yang dikhususkan untuk masyarakat berpenghasilan rendah seperti Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas). Beberapa perusahaan asuransi kesehatan juga telah memberikan kesempatan kepada setiap masyarakat dengan mengeluarkan beberapa jenis asuransi kesehatan.

Jenis Asuransi Berdasarkan Pengelola Dana

Jenis Askes Berdasarkan Pengelola Dana

Jenis asuransi kesehatan yang pertama yaitu berdasarkan pengelola dana. Jadi, jika dilekompokan berdasarkan pengelola dananya, Askes dapat dibagi menjadi dua yaitu askes swasta dan pemerintah. Kemudian, Askes swasta ini hanya bersifat tambahan atau pelengkap saja.

Sedangkan, Askes pemerintah ini bersifat wajib di dapatkan seluruh masyarakat Indonesia. Bedanya terletak pada produk asuransi kesehatan yang ditawarkan, dengan manfaat yang sangat beragam.

Jenis Asuransi Berdasarkan Jenis Perawatan

Jenis Perawatan

Berikutnya, jenis asuransi kesehatan berdasarkan jenis perawatan yang akan didapatkan setiap anggota. Seperti halnnya layanan rawat inap dan rawat jalan. “Namun, ketentuan klaim atau layanan rawat inap yang diberikan setiap anggota bisa saja berbeda diantara beberapa asuransi kesesehatan yang didapatkan”.

Ada fasilitas kesehatan yang mengharuskan pasien menginap minimal selama 24 jam. Bahkan ada yang mengklaim rawat inap, padahal pasien baru menggunakan faskes selama 16 jam.

Kemudian, untuk penentuan layanan rawat inap atau rawat jalan tersebut hanya dapat dilakukan oleh Dokter yang menangani. Meski demikian, ada pula asuransi kesehatan yang menjamin layanan rawat inap sekaligus rawat jalan.

Jenis Asuransi Berdasarkan Uang Pertanggungan

Uang Pertanggungan
Advertisements

Selanjutnya, jenis asuransi kesehatan berdasarkan uang pertanggungan. Beberapa produk Askes, ada yang menanggung biaya perawatan yang dihitung secara keseluruhan. Asuransi jenis tersebut menjamin biaya perawatan yang meliputi deteksi dini, diagnosis, pengobatan, rehabilitasi, rawat jalan dan rawat inap.

Ada pula asuransi swasta yang hanya menanggung biaya perawatan tertinggi atau (tanggungan tertinggi). Jenis asuransi yang satu ini hanya menjamin biaya perawatan yang jumlahnya tinggi, seperti halnya layanan rawat inap. Sementara itu, biaya pemeriksaan atau diagnosis tidak ditanggung oleh asuransi swasta tersebut.

Jenis Asuransi Berdasarkan Objek Tertanggung

Jenis Askes Berdasarkan Objek Tertanggung

Kemudian, jika dibedakan dari objek tanggungan, asuransi kesehatan juga dapat dibagi menjadi dua yaitu askes personal dan kelompok. Jenis Askes personal hanya akan menjamin biaya layanan kesehatan untuk satu orang saja.

Sedangkan untuk asuransi kesehatan kelompok, perlindungan kesehatan yang diberikan pada kelompok orang, dapat diartikan seperti menanggung biaya kesehatan seluruh anggota keluarga ataupun karyawan dalam sebuah perusahaan.

Jenis Asuransi Berdasarkan Metode Pembayaran

Metode Pembayaran

Secara umum asurasnsi kesehatan swasta kini sudah menerapkan sistem pembayaran cashless atau dengan bahasa Indonesia berarti tanpa uang tunai. Caranya yaitu nasabah cukup menunjukkan kartu anggota asuransi kesehatan kepada petugas Rumah Sakit tempat dilakukannya pelayanan kesehatan.

Namun, perlu diketahui metode pembayaran tersebut hanya berlaku di faskes Rumah Sakit yang sudah bekerjasama dengan pihak Asuransi Kesehatan (Askes). Jika Rumah Sakit tersebut tidak bekerjasama dengan pihak asuransi kesehatan, metode pembayaran harus dilakukan terlebih dahulu sebelum perawatan didapatkan oleh pasien yang bersangkutan.

Setelah nasabah atau pasien bersangkutan sudah melakukan pembayaran, maka pihak asuransi akan melakukan klain untuk penggantian biaya perawatan. Jika sudah disetujui, pihak asuransi nantinya akan mengganti seluruh biaya perawatan tanpa ada potongan sedikitpun.

Itulah beberapa jenis asuransi kesehatan yang akan didapatkan apabila anggotanya mendapatkan pelayanan kesehatan dari program jaminan kesehatan terkait. Sekanjutnya, kita akan membahas mengenai manfaat asuransi kesehatan, selengkapnya akan kami bahas untuk kalian pada ulasan berikut ini.

Manfaat Gunakan Asuransi Kesehatan

Mannfaat Gunakan Asuransi Kesehatan

Pada saat kalian menggunakan pelayanan asuransi kesehatan, manfaat yang akan kalian dapatkan yaitu berupa betuk pertanggungan yang diberikan oleh pihak terkait. Untuk mendapatkan hal tersebut, nasabah harus membayarkan premi kepada perusahan asuransi tersebut.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan kalian dapatkan, jika memiliki asuransi kesehatan.

1. Meminimalkan Risiko Pembiayaan Berobat

Risiko mengalami sakit memang selalu ada kapan saja dan dimanapun kalian berada. Produk asuransi memang tidak akan melindungi kalian dari serangan penyakit, hanya saja akan menjaga risiko keuangan saat kalian mengalami sakit dan membutuhkan biaya yang cukup besar.

2. Dapat Memberikan Rasa Tenang

Memiliki asuransi kesehatan pasti akan membuat perasaan kalian tenang. Sebab, perusahaan asuransi nantinya akan menanggung semua pembiayaan pada saat kalian membutuhkan pengobatan ataupun pelayanan kesehatan pada kalian dan keluarga.

3. Mendapatkan Layanan Kesehatan Yang Lebih Layak

Ada masanya manusia menidap penyakit yang memerlukan biaya pengobatan yang cukup tinggi, kalau menggunakan perawatan yang layak. Oleh karena itu, asuransi kesehatan memberikan fasilitas kesehatan untuk melakukan perawatan ataupun layanan pengobatan penyakit yang dialami.

4. Meningkatkan Efisiensi Sebagai Anggota Askes

Jika kalian mempunyai asuransi kesehatan, kalian tidak usah bingung dan khawatir tidak mampu bayar biaya pengobatan. Karena, Askes akan bantu kalian untuk membayarkan bihaya Rumah Sakit yang akan kalian tunjuk sebagai sarana untuk berobat.

FAQ

Apa Yang Dimaksud Dengan Astek?

Astek adalah asuransi sosial tenaga kerja atau sistem perlindungan guna untuk mengatasi risiko modal yang secara langsung mengakibatkan berkurangnya ataupun hilangnya pengkasilan dari tenaga kerja tersebut.

Askes Berubah Menjadi Apa?

Sesuai apa yang tercantum pada Undang-Undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Nomor 24 tahun 2011. PT Askes telah dirubah menjadi BPJS Kesehatan sejak tanggal 1 Januari 2014.

Kartu Askes Berlaku Sampai Kapan?

Kartu Askes tetap bisa digunakan hingga bulan Oktober. Kemudian, kartu Jamkesmas yang berwarna biru harus segera diganti menjadi kartu JKN-KIS.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat pakaibpjs.com sampaikan mengenai jenis Askes atau Asuransi Kesehatan. Lengkap beserta manfaat menggunakan asuransi kesehatan untuk melakukan pengobatan di fasilitas kesehatan Rumah Sakit. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Call Center Askes

Hendri
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *