Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Cara Menggunakan Askes Di Rumah Sakit

2 min read

Cara Menggunakan Askes Di Rumah Sakit
Advertisements

Cara Menggunakan Askes Di Rumah Sakit – Tahukah kalian dengan program Asuransi Kesehatan atau Askes? Askes merupakan asuransi kesehatan yang akan memberikan perlindungan kesehatan bagi anggota kelompok.

Kelompok yang dimaksud ini adalah para karyawan dan karyawati dari sebuah perusahaan, beserta keluarganya. Perlindungan asuransi kesehatan ini meliputi rawat inap, rawat jalan, rawat gigi, dan juga melahirkan.

Pelayanan kesehatan yang akan diberikan oleh PT Askes ini akan diperoleh minimum 25 orang dewasa. Kemudian, pelayanan klaim ini tersedia 2 cara, diantaranya adalah rawat inap di Rumah Sakit Provider, peserta tidak perlu membayar terlebih dahulu, cukup dengan menunjukan kartu Askes yang dimiliki.

Advertisements

Lalu, jika perawatan dilakukan di Rumah Sakit bukan Provider, maka peserta diharuskan untuk membayar terlebih dahulu. Kemudian, anggota mengajukan penggantiuan dengan menyertakan bukti-bukti klaim tagihan.

Cara Menggunakan Askes Di Rumah Sakit

Namun, sebagian anggota Askes ini masih ada yang belum mengetahui mengenai cara menggunakan kartu Askes di fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit. Jika kalian merupakan salah satu diantara mereka, maka silahkan kalian bisa simak persyaratannya terlebih dahulu seperti di bawah ini.

Persyaratan Pasien Pengguna Askes

Persyaratan

Adapun persyaratan yang perlu anggota Askes persiapkan terlebih dahulu, sebelum memanfaatkan pelayanan kesehatan di faskes Rumah Sakit yang akan dituju. Syarat dan ketentuan yang berlaku diantaranya seperti berikut ini.

  1. Membawa surat rujukan dari puskesmas atau dokter keluarga yang telah ditunjuk oleh PT. Askes pada saat melakukan pembuatan kartu dan ditujukan kepada fasilitas kesehatan tingkat pertama (Rumah Sakit) yang dituju.
  2. Diwajibkan untuk membawa kartu Askes yang sudah dilengkapi barcode.
  3. Surat rujukan tersebut dapat berlaku hingga satu bulan (terkecuali penyakit kronis ini dapat digunakan hingga waktu tiga bulan).
  4. Surat rujukan yang sudah digunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan berupa rawat inap, dapat dinyatakan sudah tidak berlaku meskipun belum mencapai satu bulan.

Di atas ini adalah syarat dan ketentuan yang masih berlaku pada saat kalian menggunakan kartu Askes untuk melakukan pengobatan di Rumah Sakit. Pelayanan kesehatan akan segera dilakukan, ketika kalian menunjukan semua persyaratan di atas.

Prosedur Penggunaan Askes di Rumah Sakit

Prosedur Penggunaan Askes di Rumah Sakit

Kemudian, jika kalian sudah mengumpulkan beberapa syarat dan ketentuan penggunaan kartu Askes untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit, maka kalian sudah dapat melakukan beberapa langkah-langkah seperti di bawah ini.

  1. Pertama-tama, silahkan kalian bisa mendatangi fasilitas kesehatan tingkat pertama seperti Puskesmas yang sudah bekerjasama dengan pihak BPJS Kesehatan.
  2. Pasien akan diperiksa, kemudian pasien nantinya akan diberi surat rujukan ke faskes tingkat lanjutan atau Rumah sakit.
  3. Setelah pasien tiba di Rumah Sakit, pasien bisa menunjukan kartu Askes, (usahakan kartu yang berwarna kuning).
  4. Tunjukan pula persyaratan yang sudah dipersiapkan.
  5. Tunggu sampai petugas di Rumah Sakit menyatakan persyaratan sudah lengkap dan valid.
  6. Pasien selanjutnya akan menjalani rawat iap ataupun rawat jalan di Rumah Sakit tersebut, tentunya dengan rujukan Dokter yang memeriksa sebelumnya.
  7. Lalu, pasien akan mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa mengeluarkan biaya tambahan, hanya dengan menggunakan kartu Askes.

Itulah beberapa langkah-langkah yang dapat kalian ikuti sebagai pengguna layanan program Askes, untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Sebaiknya, jika kalian termasuk salah satu anggota Askes dan memiliki kartu yang berwana kuning, maka sebaiknya kartu tersebutlah yang dapat kalian gunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

FAQ

Apakah Kartu Askes dan BPJS Itu Sama?

Asuransi Kesehatan atau Askesh hanya ditujukan untuk pegawai pemerintah seperti PNS, CPNS, Pejabat Negara, Polisi, TNI dan lain sebagainya. Sedangkan BPJS Kesehatan ditujukan untuk mejamin kesehatan untuk seluruh masyarakat Indonesia, agar mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik.

Mengapa Askes Berubah Menjadi BPJS?

PT Askes (Persero) telah melakukan transformasi karena keinginan dari pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terkait pelayanan kesehatan. Kemudian, hal tersebut juga bertujuan untuk meringankan masyarakat dari segi finansial.

PT Askes Masuk Dalam Apa?

Penjelasan sudah tertera di dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badang Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS, serta menunjuk Askes sebagai penyelenggara program jaminan sosial di bidang kesehatan. Sehingga, PT Askes telah bertransformasi menjadi BPJS Kesehatan.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat pakaibpjs.com sampaikan mengenai cara menggunakan Askes di Rumah Sakit. Lengkap beserta persyaratan yang diperlukan dan prosedur penggunaan kartu Askes di fasilitas kesehatan tingkat lanjutan atau Rumah Sakit. Terimakasih dan semoga bermanfaat

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Jenis Askes

Hendri
3 min read

Call Center Askes

Hendri
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *