Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

5 Cara Menonaktifkan Autodebet BPJS 2022, Biaya & Syarat

Cara Menonaktifkan Autodebet BPJS

Cara Menonaktifkan Autodebet BPJS – Menjadi peserta BPJS Kesehatan mandiri, kita diwajibkan untuk selalu melakukan pembayaran iuran premi setiap bulan sebelum tanggal 10. Besaran nominal pembayaran akan disesuaikan dengan kelas BPJS dan juga jumlah peserta terdaftar di dalam 1 KK (Kartu Keluarga).

Untuk melakukan pembayaran tagihan bulanan tersebut, pihak BPJS Kesehatan pun telah memberikan berbagai macam pilihan metode pembayaran yang bisa digunakan. Salah satu di antaranya melalui bank, kantor pos, maupun outlet-outlet terdaftar.

Selain itu, ada juga metode pembayaran otomatis berupa autodebet BPJS Kesehatan. Nah dengan metode pembayaran inilah kita tidak perlu lagi melakukan pembayaran secara manual dengan mendatangi / menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Bahkan pihak BPJS juga memberikan opsi untuk dapat menggunakan layanan autodebet BPJS melalui lembaga perbankan (BCA, Mandiri, BRI & BTN) serta non-bank (Finpay, iSaku & Doku). Walaupun bisa dibilang memudahkan pembayaran, tidak sedikit peserta yang mencari cara menonaktifkan autodebet BPJS Kesehatan.

Alasan Menonaktifkan Autodebet BPJS

Bila kita lihat secara jeli, tentu menggunakan fitur pembayaran autodebet BPJS ini akan dapat memberikan kita banyak keuntungan. Salah satunya terhindar dari denda keterlambatan pembayaran iuran premi bulanan keanggotaan BPJS Kesehatan.

Selain itu, dengan sistem pembayaran ini sebenarnya juga akan dapat membantu perekonomian negara karena tidak ada lagi masalah keterlambatan pembayaran. Hanya saja memang pada dasarnya fitur autodebet BPJS hanya bisa digunakan ketika kita sebagai peserta sudah mengaktifkan autodebet BPJS.

Sayangnya dari jutaan pengguna aktif, mungkin baru hanya sebagian orang yang memanfaatkan fitur autodebet ini. Bahkan tidak sedikit pula dari mereka justru ingin menonaktifkan autodebet BPJS. Hal tersebut tentunya bisa terjadi karena banyak alasan, termasuk di antaranya seperti:

  • Kendala keuangan / financial setiap orang yang berbeda-beda.
  • Terjadi masalah pada rekening bank / non-bank terdaftar di layanan autodebet.
  • Kurang aktif dalam melakukan pengaturan keuangan
  • Atau karena mereka merasa sulit ketika ingin kembali ke pembayaran manual.
Baca  8 Cara Daftar BPJS Kesehatan Bayi Baru Lahir Online 2022

Itulah beberapa alasan yang mungkin saja bisa terjadi ketika saat ini kalian sedang mencari panduan cara menonaktifkan pembayaran autodebet BPJS Kesehatan. Lantas apakah memang bisa pembayaran autodebet BPJS kita nonaktifkan?.

Syarat & Ketentuan Menonaktifkan Autodebet BPJS

Secara sistem kerja BPJS Kesehatan, saat ini menonaktifkan fitur pembayaran otomatis ini memang dapat dilakukan baik secara online maupun offline. Hanya saja seperti dijelaskan oleh beberapa pihak terkait termasuk salah satunya adalah pihak BPJS Kesehatan.

Para peserta yang ingin menonaktifkan autodebet BPJS harus memberikan beberapa syarat dan ketentuan yang memang sudah di tentukan ole pihak terkait. Oleh karena itu, sebelum kalian ingin menonaktifkan autodebet pembayaran premi bulanan tersebut.

Berikut adalah beberapa syarat harus dipenuhi dan di lengkapi ketika ingin mengikuti panduan cara menonaktifkan autodebet BPJS Kesehatan di bawah ini.

  • KTP (Kartu Tanda Penduduk) pemilik BPJS
  • Kartu BPJS Kesehatan terdaftar
  • Buku tabungan (Sesuai rekening autodebet)
  • Kartu ATM (Sesuai rekening autodebet)
  • Kartu Keluarga (KK) (opsional)

Cara Menonaktifkan Autodebet BPJS

Apabila sampai disini kalian sudah bisa memahami apa saja hal utama yang perlu disiapkan untuk dapat menonaktifkan autodebet BPJS Kesehatan seperti pakaibpjs.com sampaikan di atas. Berikut adalah beberapa tahap atau cara menonaktifkan BPJS Kesehatan bank BRI, Mandiri, BCA maupun non-bank.

1. Datangi Kantor Bank Terdaftar

Salah satu cara paling mudah untuk dapat menonaktifkan pembayaran otomatis yaitu dengan mendatangi kantor cabang bank terdaftar di layanan autodebet.

Dengan cara ini nantinya pihak bank terdaftar di layanan autodebet akan membantu menonaktifkan fitur pembayaran otomatis ini. Namun seperti kami sampaikan di atas.

Untuk dapat menonaktifkan fitur autodebet ini setiap peserta harus mendatangi kantor bank cabang dengan membawa beberapa berkas persyaratan yang sudah kami sampaikan di atas.

Baca  Melahirkan Normal dengan BPJS 2022 : Syarat, Biaya & Prosedur

2. Datangi Kantor BPJS Kesehatan

Apabila di atas merupakan cara menonaktifkan autodebet layanan bank BRI, Mandiri, BCA maupun BTN yang merupakan bank rekanan resmi. Lalu bagaimana jika kita menggunakan layanan autodebet BPJS dari non-bank?.

Untuk kalian yang ingin mencoba peruntungan, setidaknya menonaktifkan auto debit BPJS non-bang bisa kalian coba dengan mendatangi kantor BPJS di wilayah masing-masing. Namun pastikan juga membawa beberapa syarat-syarat di atas.

Jika memang bisa, nantinya pihak BPJS melalui customer service akan membantu menonaktifkan metode pembayaran autodebet tersebut. Namun sebagai informasi saja, mungkin cara ini masih belum 100% bisa, namun tidak ada salahnya bila kalian coba.

3. Nonaktifkan Autodebet Lewat Call Center

Cara terakhir yang mungkin dapat kalian gunakan yaitu dengan memanfaatkan layanan call center BPJS Kesehatan di 165. Dengan cara ini setidaknya kalian tak perlu lagi mendatangi kantor BPJS kesehatan, namun pastikan pula bahwa kalian sudah mempersiapkan syarat yang memang dibutuhkan.

Termasuk salah satunya nomor rekening terdaftar maupun nomor keanggotaan BPJS. Karena nantinya pihak customer service akan menanyakannya. Hanya saja kemungkinan besar ketika menggunakan cara ini kalian akan diminta untuk tetap mendatangi kantor BPJS terdekat untuk validasi data maupun lainnya.

Biaya Menonaktifkan Autodebet BPJS Kesehatan

Setelah mengetahui seperti itu kiranya cara nonaktifkan autodebet BPJS baik untuk autodebet BPJS layanan bank maupun non-bank. Lalu apakan proses ini akan membuat kita mengeluarkan uang sebagai biaya menonaktifkan?.

Dari beberapa informasi yang kami dapat, sepertinya proses menonaktifkan layanan pembayaran otomatis BPJS Kesehatan sendiri tidak ada biaya yang perlu di keluarkan. Atau itu artinya menonaktifkan autodebet BPJS gratis.

Kesimpulan

Nah itukah kiranya penjelasan singkat yang kali ini dapat pakaibpjs.com rangkum dan sampaikan terkait syarat dan cara menonaktifkan autodebet BPJS. Dari penjelasan di atas, bisa kita ambil kesimpulan bahwa kalian harus mendatangi kantor bank maupun kantor BPJS untuk menonaktifkannya.

Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.