Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

12 Cara Ganti Nama Bayi di BPJS Kesehatan 2022 : Syarat & Ketentuan

Cara Ganti Nama Bayi di BPJS Kesehatan

Cara Ganti Nama Bayi di BPJS Kesehatan – Bagi setiap orang tua tentu ingin memberikan yang terbaik terhadap buah hatinya termasuk juga dengan asuransi kesehatan meskipun baru lahir, hal tersebut bertujuan agar nantinya terjadi apa apa kita sudah mempersiapkan itu semua jadi tidak perlu ditakutkan akan biaya yang dikenakan. Jadi asuransi kesehatan bisa kalian gunakan adalah BPJS Kesehatan, seperti diketahui bahwa itu merupakan program resmi dari pemerintah yang diberikan kepada setiap masyarakat Indonesia dimana bersifat wajib.

Lantas bagaimana jika kita sudah mendaftarkan bayi kita di BPJS Kesehatan akan tetapi terjadi kesalahan data yang dimasukkan ? Apakah bisa data tersebut diganti sesuai dengan data yang sebenarnya, tentu saja bisa bahkan wajib untuk kalian lakukan. Adapun caranya sendiri terbilang sangat mudah dan cepat, jadi kalian semua tidak perlu bingung ketika ingin merubah data pada anggota BPJS termasuk bayi baru di daftarkan.

Jika pada pembahasan sebelumnya memang sempat kami sampaikan kepada kalian semua bagaimana cara daftar BPJS untuk bayi baru lahir yang mana kemungkinan besar akan terjadi kesalahan data, jadi tak heran jika banyak yang mempertanyakan bagaimana cara ganti nama bayi di BPJS Kesehatan. Sebagaimana sudah dijelaskan kepada kalian semua bahwa dalam ganti nama bayi memang bisa dilakukan langsung lewat aplikasi Mobile JKN ataupun juga bisa datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan dimana ini menjadi pilihan paling tepat ketika tidak memiliki aplikasi Mobile JKN.

Dikarenakan banyak yang belum mengetahui akan caranya seperti apa maka pada pertemuan sangat baik kali ini kami akan informasikan kepada kalian semua mulai dari syarat dan ketentuan, jadi sangat disarankan sekali agar simak ulasan kali ini sampai selesai karena akan ada banyak informasi penting akan disampaikan kepada kalian semua. Baiklah untuk mempersingkat waktu kalian semua silahkan simak langsung ulasan dari Pakaibpjs.com mengenai cara ganti nama bayi di BPJS Kesehatan yang sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

Baca  6 Cara Ganti Nomor HP BPJS Kesehatan Semua Metode 2022

Syarat Ganti Nama Bayi di BPJS Kesehatan

Sesuai dengan janji kami seperti diatas untuk mengawali pembahasan kali ini terlebih dahulu informasikan kepada kalian semua mengenai syarat dan ketentuan berlaku, dengan mengetahui itu semua maka proses ganti nama bayi dapat berjalan dengan lancar. Dimana persyaratan tersebut berlaku meskipun kalian melakukan lewat aplikasi mobile JKN maupun kantor langsung, apabila penasaran dengan semuanya silahkan simak langsung ulasan sudah dipersiapkan kepada kalian semua seperti dibawah ini.

  • Sebelumnya bayi sudah memiliki akte kelahiran atau orang tuan sudah mengurusnya jadi akan lebih mudah.
  • Pastikan bahwa orang tuan dari bayi sudah terdaftar di BPJS Kesehatan.
  • Jika ingin menggunakan aplikasi Mobile JKN, pastikan sebelumnya sudah memiliki akun.
  • Pastikan nama bayi sudah sesuai dengan akte kelahiran.
  • Lengkapi beberapa dokumen seperti KK, KTP dari orang tua bayi tersebut.
  • Nomor HP terdaftar di aplikasi mobile JKN pastikan tetap aktif.
  • Pastikan tersedia pulsa reguler, karena nantinya akan melakukan verifikasi dengan memasukkan kode OTP jadi wajib memiliki pulsa.

Cara Ganti Nama Bayi di BPJS Kesehatan

Ketika sudah mengetahui syarat dan ketentuan maka langkah berikutnya tinggal lakukan proses ganti nama bayi di BPJS Kesehatan, disini kami anggap jika semua persyaratan sudah dilengkapi. Baiklah untuk mempersingkat waktu kalian semua, silahkan simak langsung ulasan telah dipersiapkan seperti dibawah ini.

1. Buka Aplikasi Mobile JKN

1 Cara Ganti Nama Bayi di BPJS Kesehatan

Jadi langkah pertama harus kalian lakukan adalah jalankan aplikasi Mobile JKN, namun sebelum itu pastikan bahwa perangkat HP terhubung dengan koneksi internet stabil agar proses berjalan lancar tentunya.

2. Klik Ubah Data Peserta

2 Klik Ubah Data Peserta

Karena kali ini hendak ganti nama bayi maka setiap peserta harus memilih menua Ubah Data Peserta, sesuai dengan gambar panduan seperti diatas.

Baca  √ BPJS Kesehatan Kebumen 2022 : Call Center & Alamat Kantor

3. Klik Icon Panah Kebawah

3 Klik Icon Panah Kebawah

Nantinya akan muncul nama sudah terdaftar, karena ini hendak ganti nama bayi silahkan tap icon panah kebawah seperti gambar panduan diatas.

4. Tap Bayi Nyonya

4 Tap Bayi Nyonya

Kemudian kalian tinggal tap Bayi Nyonya untuk melakukan perubahan data yang memang diperlukan.

5. Masukkan Data Bayi

5 Masukkan Data Bayi

Berikutnya silahkan isi formulir perubahan data bayi mulai dari Nomor NIK, nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin dan lain sebagainya.

6. Klik Simpan

6 Klik Simpan

Jika sudah di isi semuanya dan sudah cek kembali tidak ada kesalahan apapun, maka langkah berikutnya tinggal klik Simpan.

7. Klik Selanjutnya

Cara Ganti Nama Bayi di BPJS Kesehatan

Nantinya terdapat beberapa informasi penting jika sudah paham silahkan gulir kebawah lalu klik ceklis dan dilanjutkan klik Selanjutnya.

8. Verifikasi Kode OTP

8 Verifikasi Kode OTP

Selanjutnya tinggal melakukan verifikasi berupa kode OTP, jika sudah mendapatkan silahkan masukkan dan klik Verifikasi.

9. Berhasil

9 Cara Ganti Nama Bayi di BPJS Kesehatan

Selesai, sampai disini kalian sudah berhasil merubah nama bayi di BPJS Kesehatan dan untuk memastikan silahkan cek pada bagian data anggota apakah sudah berubah atau belum.

Kesimpulan

Bila melihat dari penjelasan seperti diatas maka dapat menarik kesimpulan bahwa caranya sendiri memang terbilang sangat mudah, karena bisa dilakukan langsung lewat aplikasi Mobile JKN. Jadi disini kami lebih menyarankan agar memastikan bayi sudah memiliki akte kelahiran karena harus memasukkan nomor NIK dan paling penting memiliki pulsa reguler karena nantinya diharuskan melakukan verifikasi kode OTP.

Nah seperti itulah kiranya pembahasan lengkap mengenai cara ganti nama bayi baru lahir di BPJS Kesehatan disertai dengan syarat dan ketentuan dapat Pakaibpjs.com sampaikan kepada kalian semua. Semoga saja dengan adanya penjelasan seperti diatas dapat membantu setiap peserta BPJS sedang membutuhkan informasi yang sudah kami jelaskan diatas.

Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *