Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

4 Cara Daftar BPJS Kesehatan PBI : Syarat & Ketentuan

Cara Daftar BPJS Kesehatan PBI

Cara Daftar BPJS Kesehatan PBI – Sebagaimana sudah diketahui jika pemerintah telah menghadirkan sebuah program asuransi jaminan kesejahteraan yang diberikan kepada semua masyarakat Indonesia, untuk menikmati semua layanan tersebut diharuskan melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Namun sebelum melanjutkan melakukan pendaftaran, sangat disarankan sekali agar ketahui jenis apa saja telah disediakan.

Pada pembahasan sebelumnya memang telah dijelaskan kepada kalian semua terdapat dua jenis BPJS Kesehatan yakni Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan Non-PBI, meskipun keduanya memiliki pelayanan yang sama akan tetapi terdapat perbedaan. Dan seperti sudah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya mengenai perbedaan BPJS Kesehatan PBI dan Non-PBI, jadi kami rasa pada pertemuan ini tidak perlu dibahas kembali.

Lanjut ke pembahasan utama sesuai dengan judul diatas yakni cara daftar BPJS Kesehatan PBI, bagi kalian yang sudah mengetahui akan keuntungan dengan jenis tersebut maka berkeinginan sekali untuk menjadi salah satu peserta BPJS PBI. Untuk melakukan pendaftaran sangat disarankan sekali agar mengetahui dan melengkapi akan syarat dan ketentuan berlaku, dimana jelas akan berbeda seperti daftar BPJS Kesehatan pada umumnya.

Dikarenakan banyak yang penasaran dengan semuanya maka pada pertemuan sangat baik ini kami hendak informasikan kepada kalian semua, oleh karena itu sangat disarankan sekali agar simak artikel ini sampai selesai agar paham nantinya. Baiklah tanpa perlu berlama lama lagi langsung saja simak ulasan telah dipersiapkan oleh Pakaibpjs.com mengenai syarat dan cara daftar BPJS Kesehatan PBI seperti dibawah ini.

Apa Itu BPJS Kesehatan PBI

Sebelum lanjut ke pembahasan utama terlebih dahulu informasikan apa itu BPJS PBI, jadi BPJS Kesehatan PBI adalah program dari pemerintah untuk Penerima Bantuan Iuran seperti fakir miskin serta orang tidak mampu sesuai dengan UU SJSN. PBI atau Penerima Bantuan Iuran diluncurkan untuk membantu masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan dan juga penanganan medis yang layak.

Baca  10 Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan 2022: Syarat & Manfaat

Pemerintah sudah memiliki data PBI dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) pada Kementerian Sosial sehingga iurannya akan dibayarkan sepenuhnya. Dengan perubahan peraturan kini jika ada peserta PBI ada dibawah Pemerintah Daerah maka dimasukkan kedalam golongan PBPU atau Peserta Bukan Penerima Upah.

Syarat & Ketentuan Daftar BPJS Kesehatan PBI

Sama seperti pembahasan sebelum sebelumnya untuk mengawalinya terlebih dahulu akan syarat dan ketentuan berlaku, dengan mengetahui secara detail serta melengkapinya maka dapat dipastikan proses pendaftaran berjalan dengan lancar. Karena masih banyak orang belum mengetahui akan persyaratan apa saja harus dilengkapi, sebaiknya simak ulasan sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

Mengenai persyaratan pertama harus kalian lengkapi mengisi formulir pendaftaran, dimana nantinya akan kami jelaskan pada pembahasan berikutnya. Selain itu, terdapat beberapa persyaratan lain wajib kalian lengkapi ialah telah terdaftar di DTKS ( Data terpadu Kesejahteraan Sosial).

Cara Daftar BPJS Kesehatan PBI

Lalu berlanjut ke pembahasan utama sesuai dengan judul seperti diatas yakni cara daftar BPJS Kesehatan PBI, disini kami himbau agar kalian semua telah melengkapi semua syarat dan ketentuan seperti sudah dijelaskan diatas. Baiklah tanpa perlu berlama lama lagi langsung saja simak ulasan sudah dipersiapkan buat kalian semua seperti dibawah ini.

Jadi langkah pertama harus kalian lakukan adalah mengisi formulir daftar isian peserta eletronik (FDIPE), silahkan kalian isi sesuai dengan data yang sudah tercantum di KTP, Setelah melengkapi data yang harus dimasukkan maka langkah berikutnya tinggal selesaiankan persayatan administrasi sesuai dengan ketentuan berlaku.

Ketika tahap pertama sudah dilakukan dan diselesaikan, maka langkah berikutnya tingal melakukan pendaftaran di dinas sosial sebagai peserta pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di kota kalian masing masing. Setelah itu tinggal melakukan pengajuan sebagai peserta BPJS Kesehatan PBI, karena hanya itu satu satunya cara dapat dilakukan.

Baca  5 Cara Mengatasi Penangguhan Pembayaran BPJS & Penyebab 2022

Selanjutnya tinggal melakukan verifikasi dan validasi penggantian data kepesertaan BPJS Kesehatan dari Non PBI ke PBI dan perlu kalian ketahui proses akan berlangsung dalam 6 bulan dalam tahun anggaran berjalan. Karena prosesnya cukup lama, maka sangat disarankan sekali agar tetap bersabar.

Cara Cek Kepesertaan BPJS Kesehatan PBI

Ketika telah mengetahui itu semua maka kalian dapat mengecek keanggotaan terdaftar pada yang mana. Saat ini terdapat beberapa cara cek BPJS PBI yang dapat dilakukan melalui website, aplikasi atau datang langsung ke kantor operasional, agar lebih jelasnya ikuti langkah berikut.

Lewat BPJS Checking

  • Buka laman cek BPJS Kesehatan.
  • Masukkan nomor kartu, tanggal lahir serta angka kemudian tekan Cek.
  • Secara otomatis informasi keanggotaan akan muncul.

Melalui Mobile JKN

  • Jalankan Mobile JKN kemudian login.
  • Masuk ke menu Peserta
  • Akan tampil keanggotaan kalian.

Via Call Center

Siapkan pulsa secukupnya supaya bisa memanggil melalui telepon, kamu bisa menghubungi kapan saja karena buka 24 jam. Silahkan hubungi nomor 1500 400 kemudian sesudah terhubung minta untuk memberikan jenis keanggotaan BPJS.

Kesimpulan

Dilihat dari penjelasan Seperti diatas maka dapat menarik kesimpulan, semua orang berhak melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan PBI dan diatas sudah dijelaskan secara jelas dan detail. Dengan mengikuti prosedur serta penjelasan sudah disampaikan tersebut maka pengajuan yang kalian inginkan dapat berjalan sesuai apa yang kalian harapkan.

Nah seperti itulah pembahasan lengkap mengenai cara daftar BPJS Kesehatan PBI disertai dengan syarat dan ketentuan berlaku dapat Pakaibpjs.com sampaikan kepada kalian semua. Semoga saja dengan adanya penjelasan seperti diatas dapat membantu semua orang sedang membutuhkan informasi telah disampaikan seperti diatas.

Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.