Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Biaya Kolonoskopi BPJS

2 min read

Biaya Kolonoskopi BPJS
Advertisements

Biaya Kolonoskopi BPJS – Usus besar merupakan organ tubuh yang penting fungsinya untuk proses pencernaan makanan tahap akhir. Ketika usus besar mengalami gangguan maka secara otomatis penceraan tidak bisa bekerja secara maksimal.

Banyak orang mengenal istilah kolonoskopi dimana khusus untuk penanganan kondisi dari usus besar. Karena terlanjut takut maka masih ada yang menganggap bahwa biaya kolonoskopi di RS terlalu mahal dan tidak terjangkau. Padahal dengan kartu BPJS Kesehatan kita bisa mendapatkan penanganan dengan biaya yang rendah.

Seperti halnya BIAYA BRI BPJS, peserta akan mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dimulai dari faskes tingkat pertama. Dengan adanya kolonoskopi maka dokter akan lebih mudah mendeteksi terjadinya kanker usus ataupun pendarahan saat kehamilan.

Advertisements

Untuk bisa menjaga kesehatan usus besar kadang memang menjadi tantangan karena tak semua dapat menjaga pola makan seimbang. Ketika terjadi gangguan biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan dan pengecekan, untuk informasi mengenai biaya kolonoskopi BPJS silahkan simak rangkuman Pakaibpjs.com dibawah ini.

Apa itu Kolonoskopi ?

efek samping kolonoskopi

Kolonoskopi adalah pemeriksaan yang bertujuan mendeteksi iritasi, luka, polip maupun kanker pada usus besar serta rektum. Organ tubuh ini terletak pada bagian dipaling bawah usus besar dimana terhubung langsung dengan anus, prosedurnya dilakukan dengan memberik obat bius dan memakai alat kolonoskopi.

Seperti gambar alat kolonoskopi diatas, yang digunakan adalah selang lentur dengan diameter 1,5cm kurang lebihnya. Pada selangnya terpasang kamera dimana akan menampilkan gambar langsung ke monitar sehingga mempermudah dokter untuk diagnosa kondisi pasien.

Selain biaya kolonoskopi BPJS yang perlu diketahui, pasien juga akan menjalani prosedur sesuai dengan anjuran dari dokter. Biasanya dokter menganjurkan melakukan kolonoskopi ketika pasien memiliki kondisi seperti dibawah ini.

  • Untuk mendeteksi adanya kanker pada usus besar khususnya pasien berusia 40tahun keatas dengan resiko tinggi.
  • Mengamati penyebab mengapa terjadi sembelit kronis, diare, nyeri perut maupun berbagai keluhan lainnya.
  • Memeriksa pendarahan pada ibu hamil untuk mengambil keputusan medis demi menghindari keguguran.
  • Deteksi polip usus dan menurunkan resiko kanker.
Baca  Cara Daftar Edabu BPJS Kesehatan

Prosedur Kolonoskopi

tes kolonoskopi

Memang biaya cuci usus di rumah sakit tidak ditanggung BPJS sehingga wajib untuk kalian ketahui. Sedangkan untuk tes kolonoskopi maupun pemeriksaannya bisa ditanggung, kemudian untuk prosedur dari awal silahkan simak penjelasan dibawah ini.

  1. Sebelum kolonoskopi dilakukan dokter memberi obat bius ke pasien sesuai dosis. Kadang ada yang dikombinasikan dengan jenis obat untuk meredakan nyeri.
  2. Pasien terbaring dimana posisinya menghadap bagian samping kemudian lutut dianggkat kearah dada.
  3. Petugas medis akan membantu dokter untuk memasukkan alat kolonoskop ke bagian dubur pasien kemudian mendorongnya hingga mencapai usus besar.
  4. Ketika sudah dimasukkan maka kamera yang terpasang di ujung selang akan menampilkan gambar pada monitor yang terhubung.
  5. Kemudian saat sampai usus besar maka udara ditiupkan lewat selang supaya usus mengembang kemudian dinding usus akan terlihat secara jelas pada monitor.
  6. Pasien mungkin akan merasakan kram, namun dapat diredam memakai obat.
  7. Sesudah ujungnya sampai bukaan usus kecil maka alatnya ditarik pelan pelan sembari menngecek usus besar kembali.
  8. Kadang untuk kondisi pasien tertentu dokter juga akan mengambil sampel jaringan, mengangkat polip ataupun jaringan abnormal.
  9. Proses kolonoskopi akan berlangsung kurang lebih 30 hingga 60 menit.
  10. Ketika gambar yang didapatkan tidak jelas maka dokter dapat mengulangi kolonoskopi ataupun menggunakan pemeriksaan X-ray.

Efek Samping Kolonoskopi

Dalam prakternya sesudah melakukan kolonoskopi memang pasien harus ada diruang rawat antara 1 hingga 2 jam sampai obat biusnya hilang. Tidak menutup kemungkinan pasien mengalami efek samping kolonoskopi, berikut ini hal yang sering terjadi.

  • Nyeri dan juga kram perut.
  • Kembung.
  • Pendarahan.
  • Robekan di dinding usus besar.
  • Reaksi alergi obat bius.

Biaya Kolonoskopi BPJS

biaya kolonoskopi di rs
Advertisements

Biaya kolonoskopi BPJS digratiskan selama peserta mengikuti prosedur mulai dari memenuhi persyaratan, pendaftaran dan rujukan dari faskes. Jadi untuk kalian yang ingin melakukan kolonoskopi maka tidak perlu kawatir karena biaya sudah ditanggung BPJS.

Baca  Telat Bayar BPJS Kesehatan 4 Tahun

Biaya Kolonoskopi di RS

Kemudian jika memilih kolonoskopi tanpa BPJS maka kamu harus mengetahui biaya pada faskesnya. Saat ini perkiraan biaya kolonoskopi di rumah sakit mulai dari Rp.1.500.000 sampai sekitar Rp.6.000.000, untuk lebih detailnya simak pada tabel dibawah ini.

KotaBiaya Mulai
BalikpapanRp.3.552.000
BandungRp.4.100.000
BatamRp.2.750.000
BekasiRp.3.440.000
BogorRp.3.750.000
CikarangRp.2.750.000
Jakarta BaratRp.2.709.000
Jakarta PusatRp.5.477.000
Jakarta SelatanRp.4.100.000
MakassarRp.4.500.000
MedanRp.3.020.160
PalembangRp.3.382.000
PekanbaruRp.1.500.000
SemarangRp.3.885.000
SurabayaRp.5.099.000
TangerangRp.4.814.500
Tangerang SelatanRp.4.030.000
YogyakartaRp.3.500.000

Akhir Kata

Seperti halnya TARIF AMBULANCE BPJS, peserta akan mendapatkan layanan apabila memenuhi semua persyaratan dan ketentuan berlaku. Semoga setelah mengetahui biaya kolonoskopi BPJS akan mempermudah kalian mengetahui mulai prosedur, efek samping sampai dengan kisaran pengeluarannya.

Advertisements
Hendri Salam kenal semuanya, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang baru mengenal dan menggunakan asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *